Meningkatkan Keterampilan Vokasional Melukis Menggunakan Benang melalui Multi Metode bagi Peserta Didik Tunarungu Kelas VIII di SLB YPPLB Padang

Main Article Content

Nadila Meidiningsih
Mega Iswari

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB YPPLB Padang, terdapat 2 peserta didik tunarungu di kelas VIII yang memiliki kemampuan dalam melukis. Tetapi saat proses pembelajaran melukis, guru hanya menggunakan teknik pada umumnya seperti: penggunaan kuas serta guru kurang mampu memberikan inovasi-inovasi dalam melukis yang mengakibatkan peserta didik cepat bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam meningkatkan keterampilan melukis menggunakan benang serta membuktikan multi metode dapat meningkatkan keterampilan melukis menggunakan benang bagi peserta didik tunarungu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tujuan dalam memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan dengan dua siklus. Penelitian yang dilakukan berkolaborasi dengan guru keterampilan melukis. Hasil penelitian ini menunjukkkan terjadinya kenaikan dalam kemampuan melukis menggunakan benang melalui multi metode.  Kondisi awal peserta didik MZ memperoleh nilai 29,62%, pada siklus I terjadinya peningkatan 72 % dan siklus II meningkat 96,29 % selanjutnya peserta didik MR pada kondisi awal memperoleh nilai 20,37%, pada siklus I terjadi peneingkatan 66% dan siklus II meningkat 92,59 %. Data tersebut menunjukkan bahwa multi metode dapat meningkatkan keterampilan melukis menggunakan benang bagi peserta didik tunarungu kelas VIII di SLB YPPLB Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Meidiningsih, N. and Iswari, M. (2020) “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Melukis Menggunakan Benang melalui Multi Metode bagi Peserta Didik Tunarungu Kelas VIII di SLB YPPLB Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 197-204. doi: 10.31933/rrj.v3i1.347.
Section
Education

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, M. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Gunawan, D. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunarungu Kelompok Kompetensi A. Bandung: PPPPTK TK dan PLB.
Iswari, M., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Ardisal, A. (2017). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 156. https://doi.org/10.29210/119700
Kosasih, N. (2019). Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Benang di Ra Ar-Rahman Tanjung Morawa. Skripsi. Medan: UMSU.
Srigati, N. (2015). Penggunaan Multi Metode untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Satuan Waktu Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Kanmdat 1. jurnal PINUS vol.1. no. 2, 156.
Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Prestasi Pusta Karya

Most read articles by the same author(s)