PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA

Main Article Content

Rini Hidayati
Maria Montessori
Desri Nora

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana pembelajaran sosiologi dalam memanfaatkan lingkungan sosial sebagai sumber belajar pada siswa kelas XI IPS SMAN 2 Gunung Talang, dengan jumlah informan 15 orang. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfataan lingkungan sosial sebagai sumber belajar sosiologi kelas XI IPS di SMAN 2 Gunung Talang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Untuk pemilihan informan dilakukan dengan teknik purpose Sampling atau pemilihan informan sudah ditentukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Milles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu pemanfataan lingkungan sosial sebagai sumber belajar sosiologi kelas XI IPS di SMAN 2 Gunung Talang yaitu dengan memanfaatkan kasus atau fenomena yang ada disekitar peserta didik kedalam kelas dan juga memanfaatkan peserta didik sebagai aktor dalam pembelajaran dan juga kembali kelaboratorium IPS yaitu lingkungan sekitar atau masyarakat dengan melakukan observasi atau pengamatan dan wawancara terhadap suatu fenomena yang dibahas dimateri sosiologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hidayati, R., Montessori, M. and Nora, D. (2022) “PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), pp. 164-173. doi: 10.31933/rrj.v4i3.491.
Section
Education

References

Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan prosedural. Serang: Penerbit LaksitaIndonesia.
Choiri, M.M. 2017. Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Refleksi Edukatika, 8.
Dharmayanti, P.A. 2013. Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3: 256–265.
Dipo, M. 2016. Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (Outdoor Study) dan Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 10: 261–276.
Hasyim, M.A. 2019. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1): 12.
Huberman, M. 1992. No Title.
Jonassen, D. 2015. PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN Supriadi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 3(2).
Kristyowati, R. & Purwanto, A. 2019. Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2): 183–191.
Moleong, L.J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rasmilah, I. 2016. Pembelajaran Outdoor Study Untuk Membentuk Kepedulian Lingkungan. Jurnal Geografi Gea, 13(1): 85–91.
Studi, P., Dasar, P., Paud, K., Pascasarjana, P. & Semarang, U.N. 2020. SUMBER B ELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI PAUD CERDAS SUKOREJO-KENDAL.
Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukardi 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sukma, D.J. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cetakan 1 ed. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Yanto, A. 2015. Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk meningkatkan hasil belajr siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 1.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>