PEMBELAJARAN IPS DAN KESULITAN YANG DIALAMI SISWA

Main Article Content

Peza Pramana Putra
Maria Montessori
Azwar Ananda

Abstract

Peneliti mendapatakan informasi gejala-gejala atau kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Padang. Dari informasi yang peneliti dapatkan maka peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang kesulitan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS dan cara mengatasi kesulitan tersebut. Informan penelitian adalah guru IPS dan siswa di MTsN 2 Kota Padang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian deskriptif. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah ada 2 faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS di MTsN 2 Kota Padang yaitu, pertama faktor eksternal seperti lingkungan, dengan berkembangnya teknologi banyak mempengaruhi siswa kearah yang kurang baik dampaknya terhadap siswa lebih sering bermain game online dan tiktok tanpa mengenal waktu dan kurangnya pengawasan dari orang tua yang berakibat pada saat siswa datang kesekolah dalam keadaan mengantuk, lesu. Sehingga siswa tidak berminat untuk belajar. Kedua, faktor internal seperti kurangnya media pembelajaran, sarana dan prasarana kurang memadai, serta guru kurang maksimal dalam menyampaikan pelajaran. Cara mengatasi kesulitan dalam pembelajaran IPS yaitu Guru harus lebih mampu memilih metode mengajar yang tepat sasaran, mampu menciptakan metode mengajar yang inovatif sesuai dengan perkembangan siswa..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pramana Putra, P., Montessori, M. and Ananda, A. (2022) “PEMBELAJARAN IPS DAN KESULITAN YANG DIALAMI SISWA”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), pp. 237-241. doi: 10.31933/rrj.v4i3.504.
Section
Education

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (1997). Psikologi Belajar . Jakarta : Rieneka Cipta.
Azhar Arsyad. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ngalim Purwanto. (1996). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik. (2005). Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Oemar Hamalik. 1994. Kurikulum dan Pebelajaran. Jakarta : PT Bumi aksara
Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS-Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjati. (2009). Kumpulan Materi Perkuliahan Penilaian Hasil Belajar Sekolah Dasar. Program Studi PGSD. UNY.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi Revisi VIII. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukandarrumidi. (2004). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Udin. S. Winataputra. (1997). Materi Pokok Belajar dan Pembelajaran PGSM3803/2SKS Modul 1-6. Jakarta: Universitas Terbuka.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>