RANCANG BANGUN LENGAN ROBOT DENGAN ALGORITMA THREE INPUT ONE OUTPUT

Main Article Content

Arif Toha
Mukhlidi Muskhir

Abstract

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan manusia akan produk-produk yang bermutu dan memiliki kualitas bagus juga ikut meningkat. Hal ini menjadikan proses di industri beralih dari sistem manual ke sistem otomatis yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Salah satu proses otomatis pada industri yang sudah mulai diterapkan adalah penggunaan teknologi. Robot adalah sesuatu yang dapat diprogram ulang, memiliki penggerak atau manipulator dan didesain untuk memindahkan barang, alat atau komponen khusus guna menyelesaikan suatu tugas. Terdapat berbagai jenis dan bentuk dari teknologi robotika, salah satunya adalah robot berbentuk lengan. Fungsi dari robot berbentuk lengan ini yaitu dapat memindahkan barang dari satu titik ke titik lain. Lengan robot dirancang untuk dapat memindahkan barang dengan akurasi yang tinggi. Perancangan lengan robot ini menggunakan hardware terdiri dari motor servo sebagai penggerak lengan robot, mikrokontoler Atmega 328 (arduino uno) sebagai pengontrol utama,sensor infrared untuk memdeteksi keberadaan benda, converter untuk pengatur tegangan dan power supply sebagai sumber tegangan. Melalui tahapan proses perancangan mekanik dan pemograman sistem dengan menggunakan program dari Arduino IDE, serta hasil dari pengujian dan analisa data didapatkan sistem yang dapat bekerja dengan baik dan kontinu. Meskipun sistem  dirancang  hanya  berupa  prototype  namun  dengan  menggunakan perangkat  dengan  standar  industri bisa diaplikasikan dalam mendukung kerja dalam bidang industri yang otomatis dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Toha, A. and Muskhir, M. (2022) “RANCANG BANGUN LENGAN ROBOT DENGAN ALGORITMA THREE INPUT ONE OUTPUT”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 161-172. doi: 10.31933/rrj.v5i1.582.
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

References

A.Yoel. W.Putra. ‘Kontroler Lengan Robot Hastobot Menggunakan Android Dan Arduinodengan Komunikasi Bluetooth’.Jurnal Elektro, vol. 8, no. 2, pp. 61–70, Okt. 2015.
A.Fajar. 2016. “Prototype Robot Pemindah Barang Menggunakan Arduino”. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Syukranullah, Bukhari ,And I.Amalla. Rancag Bangun Robot Lengan Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Jurnal Mesin Sains Terapan, vol 3, no 1, Pp 7-11, Feb 2019.
Febianty E, Novianti T. “Prototype Lengan Robot Pemindah Dan Penghitung Barang Di PT Lelangon Surabaya”. Jurnal Ilmiah, vol 2, no 1, pp. 1-8, Agust 2020.
D.Satria, L.Wati. “Prototype Robot Lengan Pemindah Barang Dengan Kendali Lengan Manusia Berbasis Arduino Uno”. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, vol 10, no 1, pp.2126-2135, Mei 2019.
A.Zaki, K.Jauhari. “Inverse Kinematik Dan Pengukuran Akurasi Pergerakan Pada Model Robot Manipuulator Lengan”. Jurnal Teknik Mesin – ITI, vol 3, no 2, Okt 2019
F.Ramadhan, Taali. “Perancangan Penyortiran Barang Berdasarkan Sistem Pick And Place Berbasis Mikrokontroler”. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, vol 6, no 2, pp.168-181, May 2020. ISSN 230-3309.
R.Oktama, R.Maulana. “Implementasi Robot Lengan Pemindah Barang 3 Dof Menggunakan Metode Inverse Kiematik”. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, vol 2, no 8, pp. 2810-2817, Agust 2018. E-ISSN 2548-964X.
S. J. Sokop, D. J. Mamahit, and S. Sompie, “Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 3, pp. 13–23, 2016.
Rangkuti S. 2016. Arduino & Proteus Simulasi dan Praktik. Bandung: Informatika Bandung
H. Adriyansyah, N.Taryana. ”Perancangan Simulator Sistem Pengepakan Dan Penyortiran Barang Berbasis PLC Twido”. Jurnal Reka Elektronika, vol 1, no 4, pp.373-385, 2020.