PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM METODE FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP

Main Article Content

Aulia Ramadhani
Darmansyah Darmansyah

Abstract

Media pembelajaran bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, selain itu media pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media audio visual yang sesuai dengan kriteria kelayakan media, materi, dan efektif pada pembelajaran IPA. Sistem Pencernaan Manusia. Media audio visual yang dikembangkan menggunakan aplikasi Canva. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan intruksional yaitu Model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu kelas VIII SMPN 1 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian menunjukkan validasi aspek materi sebesar 98,46% dengan kategori sangat valid, aspek media sebesar 98,8% dengan kategori sangat valid, dan uji praktikalitas produk oleh guru sebesar 98% dikategorikan sangat praktis, dan uji praktikalitas oleh siswa sebesar 95,67% dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektifitas berdasarkan perhitungan diperoleh = 3,318 dan  = 2,052 yang artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual dengan metode flipped classroom terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media audio visual layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, A. and Darmansyah, D. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM METODE FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 182-189. doi: 10.31933/rrj.v5i1.585.
Section
Education

References

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktoral Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: CV Tahta Media.
Nurhayati, S., Suryani, N., & Suharno. (2020). Need analysis of audio-visual media development to teach science materials for young learners. Journal of Educational Technology & Online Learning, 153-167.
Pane, A., & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan pembelajar. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2).
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.
Shawmi, A. N. (2017). Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 121-144.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kauitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.