EFEKTIVITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PASAMAN BARAT DALAM PENANGGULANGAN BANJIR

Main Article Content

Widya Ariska
Zikri Alhadi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Efektivitas Badan Penanggulnagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat pada upaya untuk menanggulangi banjir dan juga untuk mengetahui akar permasalahan. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif, teknik menentukan informasi penelitian melalui cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data ini yakni melalui reduksi penyajian data dan menarik kesimpulan, teknik untuk melihat absah atau tidaknya data peneliti memakai trigulasi sumber. Efektivitas Badan Penanggulnagn Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat dalam penanggulangan banjir dapat ditinjau melalui sampai mana tujuan dari aktivitas atau program penanggulangan yang ditatapkan bisa dicapai secara baik. Tidak efektifnya penanggulangan banjir di pasaman barat penyebab utamanya adalah faktor alam dan juga permasalahan yang di hadapi oleh Badan Penanggulnagn Bencana Daerah (BPBD) pada Kabupaten Pasaman Barat masih kurang optimal dalam menanggulangi banjir. Semua itu dilihat dari faktor tujuan , integritas dan adaptasi yang dilaksanakan oleh BPBD di kabupaten pasaman barat pada upaya menanggulangi banjir.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariska, W. and Alhadi, Z. (2022) “EFEKTIVITAS BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PASAMAN BARAT DALAM PENANGGULANGAN BANJIR ”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 321-327. doi: 10.31933/rrj.v5i1.610.
Section
Sosial Sciences

References

Aja Dela Hikmah tahun 2021. Efektivitas kinerja BPBD dalam Penanggulangan Bencana Banjir Rob di Gampong Pasir Kecamatan Johan Pahlawan kabupaten Aceh Barat.
Burhanudin, Mukhamat. 2017. Reformasi Administrasi Dalam Manajemen Bencana. Jurnal Hukum dan Asasi Manusia. Vol 1. No.2
Dokukumen KRB Kabupaten Pasaman Barat.
Erlita Tantri. 2016. Manajemen Pengurangan Risiko Bencana di Tiongkok: Gempa Sichuan 2008
Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta.
Nesy Yulia Murni, dkk 2019. Efektivitas kinerja BPBD Kota Padang dalam menjalankan fungsi koordinasi antar stakeholders penanggulangan bencana di Kota Padang.
Nesy Yulia Murni.dkk. 2019. Efektivitas Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang dalam Melakukan Koordinasi antar Stakeholders Penanggulangan Bencana di Kota Padang. Jurusan Administrasi Publik.
Nurjanah, R. Sugiarto, Dede Kuswanda, Siswanto BP, Adikoesomo. 2013. Manajemen Bencana. Bandung: Alfabeta.
Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Peraturan Daerah Nomor 18 tahun 2008 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat.
Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana Nomor 15 tahun 2012 Tentang PUSDALOPS-PB
Peraturan Provinsi Sumatera Barat Nomor 5 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana
Renstra 2021-2026 BPBD Kabupaten Pasaman Barat.
Sadat Anwar. 2016. Efektivitas Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Pengurangan Resiko Bencana Di Kota Baubau. Jurnal Studi Kepemerintahan Vol. I
Sadat, A., 2016. Evektivitas Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Pengurangan Risiko Bencana di Kota Baubau. Jurnal Ilmu Pemerintahan: Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah, 1(1), pp. 121.
Strerrs, Richard M. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta : Erlangga
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.