PENGEMBANGAN WEBLOG PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP

Main Article Content

Vira Santica
Syafril Syafril

Abstract

Pelajaran IPS kelas VIII SMP masih menggunakan buku cetak dan presentasi PowerPoint yang kurang menarik dan jarang digunakan. Akibatnya, banyak siswa yang terus kurang memperhatikan instruksi atau instruksi yang dijelaskan secara sederhana. Tujuan dari weblog pembelajaran ini adalah untuk memanfaatkan teknologi. Proyek ini bertujuan untuk membuat weblog pembelajaran yang praktis dan bermanfaat bagi siswa IPS SMP. Jenis penelitian ini, yang juga dikenal sebagai penelitian dan pengembangan, menggunakan model 4-D sebagai model pengembangan (R&D). Empat tahapan menyusun prosedur pengembangan untuk penelitian ini: define (definisi), design (desain), development (pengembangan), dan diseminasi (dissemination). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yaitu satu ahli materi dan dua ahli media. Uji coba produk dilakukan pada 19 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang Panjang untuk mengetahui item mana yang sedang dikembangkan. Alat penelitian yang digunakan adalah formulir wawancara, kuesioner, dan template. Media dicirikan sebagai layak untuk diuji berdasarkan validasi materi, yaitu 4,54 “Sangat Layak”, 4,07 “Cukup”, dan 4,64 “Sangat Memenuhi Syarat”. Selain itu, siswa menerima 4,79, atau "Sangat Praktis," pada tes kepraktisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blogging topik IPS untuk Kelas VIII SMP ini praktis dan bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santica, V. and Syafril, S. (2022) “PENGEMBANGAN WEBLOG PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 341-349. doi: 10.31933/rrj.v5i1.613.
Section
Education

References

Arinda, F. D. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Ilmu pengetahuan sosial smp. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 2(2), 302-306.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Hendri, N., & Anugrah, S. (2019, December). Development of Web-Based Materials Using Moodle Applications in E-Learning System. In International Conference on Education Technology (ICoET 2019) (pp. 272-275). Atlantis Press.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Putra, Nusa. (2011). Research & Developmet Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar. Jakarta: PT Grafindo Perseda.
Rahmadhani, R., & Hidayati, A. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Edutainment pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP/Sederajat. Inovtech, 2(01).
Resiani, N. K., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Siswa kelas VII Semester genap di SMP N 7 singaraja Tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Edutech Undiksha, 3(1).
Risa, dkk. (2013). Panduan Praktis Membuat Blog. Jakarta: Pustaka Makmur.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumawung, T. (2012). Penulis di Blog Bisa Bikin Kaya. Jakarta Barat: PT Indeks.
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yeni, F. (2017). Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran. Padang: Sukabina Press.