PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V SD

Main Article Content

Fifi Miftahur Rahmi
Meldi Ade Kurnia Yusri

Abstract

Dalam upaya mengatasi tantangan belajar siswa, diproduksi media pembelajaran; Media pembelajaran ini dapat dimanfaatkan sebagai stand-in untuk meminimalisir permasalahan terkait pembelajaran. Untuk memastikan produk yang dihasilkan layak untuk digunakan, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk pada mata pelajaran PJOK kelas V dan mengevaluasi kualitas validitas dan penerapannya. Jenis penelitian ini, yang menggunakan paradigma pengembangan 4-D, dikenal sebagai penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Empat langkah proses pengembangan dalam penelitian ini adalah define, design, develop, dan mendistribusikan. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator yaitu satu ahli materi dan dua ahli media. Dua puluh siswa kelas V SDN 02 Minangkabau mengikuti ujian praktek. Mata pelajaran PJOK kelas V SD telah menghasilkan media video pembelajaran dengan menggunakan program Vn Video Editor sesuai dengan proses pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran berupa video. Produk ini telah menyelesaikan tahap validasinya. Berdasarkan hasil evaluasi validasi materi dari pengajar PJOK SDN 02 Minangkabau dan validasi media yaitu dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, hasil validasi dari dua ahli media dinilai “sangat valid” dengan rata-rata 4,85. Namun demikian, pada skala 4,69, nilai validasi akhir ahli materi pelajaran mendapat nilai “sangat sesuai”. Hasil uji kepraktisan produk media pembelajaran tempat dalam kategori “Sangat Praktis” dengan skor rata-rata 4,69. Berdasarkan hasil tersebut, diklaim bahwa materi video pembelajaran yang dibuat dengan alat Editor Video Vn untuk mata pelajaran PJOK sangat andal dan bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Miftahur Rahmi, F. and Ade Kurnia Yusri, M. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V SD”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 368-374. doi: 10.31933/rrj.v5i1.616.
Section
Education

References

Agus S. Suryobroto. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani: Universitas Negeri Yogyakarta:Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Ali Yusmar (2018). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bola Voli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Kampar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol. 1 No 1. 2017.
Arief Sadiman. (2008). Media Pembelajaran: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
_________. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
_________. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada
Azhar, S., Aini, D. S. N., & Aryanti, S. (2020, August). Sosialisasi Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Video Pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Kabupaten Ogan Ilir. Journal Berkarya, Vol 3, No 1. 2021.
Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.
_________. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Untuk Sekolah Dasar. Mata. Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dikdasmen
Eldarni, dkk. (2014). Media Video. Padang: UNP Press Padang
Fetri yeni. (2017). Pengembangan Sumber Daya Pembelajaran. Padang : Sukabina Press
Friendha Yuanta. (2019). Pengembangan Media Video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Mashud. (2018). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Vol 17, No 2. 2018
Purmadi, Ary, dkk. (2021). Pemanfaatan Aplikasi VN Untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar Kepada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No.1. 2021.
Putu Darma Wisada 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran. Journal of Education Technology. Vol. 3 (3) pp. 140-146
Rayandra Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Silvia Rahmadini, Ulfia Rahmi. (2022). Desain Video Animasi Berbasis Studi Kasus Untuk Mata Kuliah Pengembangan E-Learning." Journal of Pedagogy and Online Learning 1.1 (2022): 42-54.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET
Sudjana, Sudjana. & Ahmad Rivai. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukardi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi. Aksara
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Wawan S. Suherman. (2004). Kurikulum berbasis Kompetensi pendidikan. Jasmani teori Dan praktek Pembangunan . Yogyakarta. FIK UNY.
Zainal Arifin. (2012) Pen elitian Pendidikan. Bandung: PT. Remja Rosdakarya.