KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SKINCARE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Main Article Content

Elza Arifa
Anindra Guspa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pengguna skincare pada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling dengan beberapa kriteria yaitu mahasiswa aktif Universitas Negeri Padang, mahasiswa yang menggonta-ganti skincare dalam kurun waktu kurang dua bulan, mahasiswa yang memiliki beberapa skincare dengan tujuan yang sama dari merk yang berbeda, berusia 18-22 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 392 orang yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan pada mahasiswa Universitas Negeri Padang. Metode pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan skala perilaku konsumtif. Data dianalisis dengan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kontribusi kepercayaan diri sebesar 12,7% terhadap perilaku konsumtif pengguna skincare pada sampel penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifa, E. and Guspa, A. (2022) “KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA SKINCARE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 702-707. doi: 10.31933/rrj.v5i1.621.
Section
Sosial Sciences

References

Asri, A. (2012). Pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas xi sma negeri 1 babelan. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 197-202.
Dahlan, N. (2020). Pengaruh media sosial instagram, kelompok teman sebaya dan lifestyle terhadap berperilaku konsumtif pada mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota makassar. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Delisi, M. (2017). Consumptive behavior, eating behavior, and antisocial behavior: the ubiquitous roles of self-control. Preventive Medicine, 105, 366-367.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.
Fromm, E. (1995). The Sane Society. London And New York: British Library.
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), Alih Bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Laily (2022). Memahami Arti Konsumtif, Indikator, Faktor, dan Dampaknya
Lauster, P. (2015). Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Maharani, A. (2020). Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skincare untuk Tunjukkan Hasil. Klikdokter. Retrieved from https://www.klikdokter.com/infosehat/read/3637371/takbisainstaniniwaktuyangdiperlukanskincareuntuktunjukkanhasil
Prisillia, B. T. (2020). Hubungan antara harga diri dan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada siswa siswi sma negeri 9 pekanbaru. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak jilid 1. Erlangga.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan. Bandung : Alfabeta.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Wulandari, E. (2019). Hubungan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa fakultas ekonomi dan ilmu sosial uin suska riau. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.