EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM BPUM (BANTUAN PELAKU USAHA MIKRO) DI KOTA PADANG

Main Article Content

Windi Ramadani

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia tentunya sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor terutama sektor ekonomi, hal ini diperparah oleh pemberlakuan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mengakibatkan terjadinya penurunan pendapatan masyarakat terutamanya Pelaku usaha Mikro. Untuk mengatasi masalah ini Pemerintah memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro atau yang singkat dengan BPUM tujuannya adalah membantu pelaku usaha mikro tetap bertahan dalam masa pandemi. Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Penerapan Program BPUM (Bantuan Pelaku Usaha Mikro) di Kota Padang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama dalam pencapaian sasaran program belum efektif dikarenakan program ini ditujukan bagi pelaku usaha yang tidak atau sedang menerima pembiayaan pinjaman di Bank manapun tapi pada kenyataannya masih ada pelaku usaha yang sedang menerima pinjaman di Bank tetap mendapatkan bantuan ini. Kedua, dalam sosialisasi program belum optimal dikarenakan kondisi pandemi sehingga terjadi keterbatasan dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait program ini. Ketiga, pencapaian tujuan program masih belum tercapai dikarenakan tujuan program ini adalah untuk membantu pelaku usaha bertahan selama masa pandemi namun pada kenyataanya UKM tersebut tetap kesulitan bertahan sebab kondisi pandemi yang cukup panjang namun bantuan ini nominalnya terbatas. Dan yang Keempat tentang pemantauan program dinilai kurang efektif dikarenakan keterbatasan SDM (sumber daya manusia) oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang sehingga pemantauan tidak bisa dilakukan selain itu tidak ada surat tugas dari pusat untuk melakukan pemantauan program ini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadani, W. (2022) “ EFEKTIVITAS PENERAPAN PROGRAM BPUM (BANTUAN PELAKU USAHA MIKRO) DI KOTA PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 425-435. doi: 10.31933/rrj.v5i1.623.
Section
Sosial Sciences

References

Budiani, Ni Wayan. 2007. Efektivitas Prog¬ram Penanggulangan Penganggu¬ran Karang Taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumerta Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Sosial, 2(1), 49-57.
Lumempow, K.M., Sambiran, S., & Rachman, I. 2021. Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Pengembangan UKM Pada Era Pandemi Covid-19 di Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 1(1), 1-8.
Makmur. 2011. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: Refika Aditama.
Moch. Rozzaq & Agus Widiyarta. (2021). Implementasi Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro Di Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Journal Publicuho, 4(2), 315-325.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskripsi Kualitatif. Jakarta selatan: GP Press Group.
Nida Faizatul Mustofa & Ratna Yunita. (2021). Efektivitas Program Bantuan Pemerintah Bagi Usaha Mikro Di Kabupaten Ponorogo. Journal of economics and business research, 1(2), 233-246.
Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil, Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah Bagi Pelaku Usaha Mikro Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Yang Membahayakan Perekonomian Nasional Serta Penyelamatan Ekonomi Nasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.
Winasis, Agus & Setyawan, Dody. 2016. Efektivitas Program Pengembangan Desa Wisata Melalui Kelembagaan Dalam Peningkatan Sumber Daya Alam (SDA). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 12-16.