EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI NAGARI CUBADAK KECAMATAN LIMA KAUM KABUPATEN TANAH DATAR

Main Article Content

Sri Fikri Angraini
Rahmadani Yusran
Fitri Eriyanti
Yuliarti Yuliarti

Abstract

Ketersediaan atas pengaksesan air minum dan sanitasi yang bagus dan tepat adalah satu diantara komponen akan persyaratan syarat untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia yang mempunyai Kesehatan yang baik dan sejahtera. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menentukan efektivitas pelaksanaan program PAMSIMAS di Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa hasil wawancara yang didukung dengan tinjauan pustaka. Data dikumpulkan melalui wawancara serta dokumentasi yang kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data sumber. Analisis untuk data dilaksanakan melalui teknik yakni mengumpulkan, mereduksi, menyajikan serta memverifikasi data. Hasil penelitian menemukan: program sudah dilaksanakan dengan adanya sosialisasi dan pelaksanaan pembangunan resevoar serta distribusi air bersih; program dapat berjalan dikarenakan faktor pendukung berupa antusiasme masyarakat, sumber air yang memadai, sumber daya peralatan dan sasaran program; faktor yang bisa menimbulkan hambatan pada terlaksananya program yakni sumber daya dari manusia, sumber daya alam dan keadaan sosial dan juga ekonomi dari masyarakat. Hasil dari penelitian menunjukan pelaksanaan program PAMSIMAS di Nagari Cubadak sudah berjalan, namun belum efektif. Perlu dilakukan sosialisasi yang meluas serta pengawasan dari pihak pemerintah sehingga program dapat terlaksana dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fikri Angraini, S., Yusran, R., Eriyanti, F. and Yuliarti, Y. (2022) “ EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI NAGARI CUBADAK KECAMATAN LIMA KAUM KABUPATEN TANAH DATAR”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 436-442. doi: 10.31933/rrj.v5i1.624.
Section
Sosial Sciences

References

Hasanah, L. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Keberlanjutan Program (PAMSIMAS) Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Di Desa Aeng Dake Kecamatan Bluto Tahun 2019. Keslingmas, 38(1).
K. Yasmin, M. R. (2020). Kajian Manfaat Implementasi Program Pamsimas di Desa Pekuncen, Kecamatan Pengandon, Kabupaten Kendal. Jurnal Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota, 9(3).
Lubis, S. H., & Martani, H. (1987). Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro). Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia.
Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YPKN.
Martani, L. H. (1987). Teori Organisasi Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Pusat antar Universitas Ilmu-Ilmu Sosial. Universitas Indonesia.
Nengsi, S. (2018). Analisis Keberlangsungan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PASCA PAMSIMAS) Di Desa Lilli Kecamtan Matangnga Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1).
Sutrisno, E. (2011). Budaya Organisasi . Jakarta: Kencana.
Wangka, A. S., & dkk. (2018). Efektifitas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Menanggulangi Bencana Banjir Bandang di Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).
Pedoman Umum Pengelolaan Program PAMSIMAS, 2016