PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMAN 2 LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM

Main Article Content

Ferdi Julio
Syeilendra Syeilendra

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler Marching Band di SMAN 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa dan siswi SMAN 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam yang mengikuti ekstrakurikuler Marching band berjumlah 51 orang anggota. Teknik analisis yang akan dilakukan oleh peneliti yaitu dengan cara identifikasi, klarifikasi, deskripsi data, hingga mendapatkan sebuah kesimpulan. Pelaksanaan ekstrakurikuler Marching Band berjalan dengan lancar sama seperti tahun-tahun sebelumnya dan tidak ada perubahan dalam kegiatannya, ekstrakurikuler Marching Band dibina langsung oleh guru pembina dan dua orang pelatih. Pada kegiatan ekstrakurikuler Marching Band berlangsung, ada ditemui sedikit masalah untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Marching Band yaitu sedikit sulit mengumpulkan siswa dan siswi anggota ekstrakurikuler Marching Band untuk hadir secara lengkap setiap pelaksanaan ekstrakurikuler. Namun meskipun ada sedikit kendala mengenai masalah untuk kehadiran anggota, pelaksanaan ekstrakurikuler Marching Band ini tidak terpengaruh dalam melaksanakan kegiatan dan juga kegiatan ekstrakurikuler Marching Band tetap berjalan dengan lancar serta tetap selalu terlaksanakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Marching Band terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun ada sedikit kendala mengenai masalah kehadiran yang sebenarnya bisa diberikan solusi oleh pihak sekolah atau siswa dan siswi itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Julio, F. and Syeilendra, S. (2022) “PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMAN 2 LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 443-452. doi: 10.31933/rrj.v5i1.625.
Section
Education

References

Asyary, H., & Syeilendra, S. (2020). Pantomime di SD Pembangunan Laboratorium UNP: Kegiatan penyaluran bakat teater siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jurnal Sendratasik, 9(2), 17-25.
Heri, H., Syeilendra, S., & Putra, I. E. D. (2017). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler drumband di SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Sendratasik, 6(1), 33-40.
Jazuli, M. (2005). Membangun Kecerdasan Melalui Pendidikan Seni, Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi. Semarang: LISTRUM VIII UNNES.
Lutan, R. (1986). Pengelolaan Interaksi Belajar Mengejar Intrakurikuler. Kokurikuler Dan Ekstrakurikuler. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Mondely, D. C., Syeilendra, S., & Hadi, H. (2018). Metode eksperimen dalam kegiatan ekstrakurikuler musik di SMAN 7 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(3), 31-35.
Strinariswari, R. L., dan Susetyo, B. (2015). Strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 2 Jepara. Jurnal Seni Musik, 4(2).
Utomo, U. (2017). Musik Pendidikan. Semarang: Jurusan Pendidikan Seni Semarang.