PENGARUH HASIL BELAJAR METODE MENGAJAR KHUSUS TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP

Main Article Content

Septia Wandra
Revian Body

Abstract

Latar Belakang dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Metode Mengajar Khusus terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran angket. Sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini diambil luar populasi yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2017 yang telah melaksanakan mata kuliah metode mengajar khusus (MMK) pada semester Januari-Juni 2020 yaitu berjumlah 66 orang. Hasil penelitian yang dilaksanakan dari uji korelasi diketahui   untuk hasil belajar (X) dan motivasi menjadi guru (Y) adalah sebesar 0,132 ≤   0,235, maka bisa ambil kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi antara hasil belajar (X) dan motivasi menjadi guru (Y). Sedangkan dari uji t, diketahui jika   (1,067) ≤  (1,668) dengan taraf signifikan 0,05 maka dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Kemudian pengujian dari koefisien determinasi dapat dilihat bahwa hasilnya yaitu 0,132 atau sama dengan 1,70 % yang ditunjukan oleh R Square (angka korelasi yang dikuadratkan), artinya bahwa pengaruh dari X (Hasil Belajar) terhadap Y (Motivasi Menjadi Guru) yaitu sebesar 1,70 % dipengaruhi oleh faktor lain sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara hasil belajar terhadap motivasi menjadi guru pada mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wandra, S. and Body, R. (2022) “PENGARUH HASIL BELAJAR METODE MENGAJAR KHUSUS TERHADAP MOTIVASI MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT UNP”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 461-471. doi: 10.31933/rrj.v5i1.627.
Section
Education

References

Lubis, Syahron. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Erlangga.
Umam, K. (2012). Perilaku Organisasi. CV Pustaka Setia.