PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA PELAJARAN IPA DALAM MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMP

Main Article Content

Nadya Faranda
Syafril Syafril

Abstract

Ada dua faktor penting dalam proses pembelajaran, yaitu metode pengajaran dan media pembelajaran. Namun, masih banyak guru yang belum memanfaatkan sarana pembelajaran dalam proses belajar mengajar secara maksimal sehingga menyebabkan menurunnya motivasi dan semangat belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan sarana pembelajaran yang dapat mendukung, mengaktifkan dan membantu siswa memahami pembelajaran IPA dengan lebih mudah. Pemilihan media video dinilai sangat tepat karena video dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan siswa dapat mempelajari kembali jika perlu lebih memahami.penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE, yaitu : Analsis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan penilaian tersebut maka media pembelajaran video pada pelajaran IPA sudah memiliki kualitas yang baik, sehingga sudah valid dan layak digunakan sebagai media untuk pembelajaran IPA kelas VIII SMP dengan memperoleh nilai 4,65 dari ahli media dan 4,56 dari ahli materi. Praktikalitas media pembelajaran video berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajara video, memperoleh nilai keidealan secara keseluruhan yaitu 4,56 dengan kategori sangat praktis. Proses pengembagan media video pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat menunjang proses pembelajaran IPA kelas VIII SMP. Berdasarkan penelitian tersebut maka media pembelajaran video pada pelajaran IPA sudah memiliki kualitas yang baik, sehingga sudah valid dan layak digunakan sebagai media untuk pembelajaran IPA kelas VIII SMP. Praktikalitas media pembelajaran video berdasarkan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajara video, memperoleh nilai keidealan secara keseluruhan yaitu 4,56 dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Faranda, N. and Syafril, S. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA PELAJARAN IPA DALAM MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS VIII SMP”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 472-477. doi: 10.31933/rrj.v5i1.628.
Section
Education

References

Abidin, Z. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 2(1), 79-102.
Air, jon & dkk. 2014. Video Scribing How Whiteboard Animation Will Get You Heart. Bristol: Sparkol Books.
Asyhar, R. 2013. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Borg & Gall. 2003. Education Research. New York: Allyn and Bacon.
Eldarni, dkk. 2014. Media Video. Padang: UNP Press.
Khoeruddin, dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Semarang: Pilar Media.
Permendiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.