KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DALAM PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Farhandi Rafilus
Azwar Inra

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu dampak covid-19 yang membuat beberapa faktor eksternal kesulitan mahasiswa Departemen Teknik Sipil mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran berbasis daring, sebelumnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor kesulitan eksternal yang dihadapi mahasiswa Departemen Teknik Sipil angkatan 2020 dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Departemen Teknik Sipil pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Populasi dan Sampel pada penelitian yaitu mahasiswa Departemen Teknik Sipil angkatan 2020 yang melaksanakan pembelajaran daring berjumlah 226 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 138 orang mahasiswa. Data pada penelitian yang diperoleh melalui angket yang telah disebar kepada mahasiswa yang dipilih menhadi sampel penelitian untuk mengetahui faktor eksternal kesulitan mahasiswa dalam melaksanakan pembelajran daring. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan hasil penelitian terhadap faktor eksternal kesulitan belajar yang dominan dihadapi mahasiswa selama pembelajaran daring yaitu terdapat pada indikator faktor jaringan internet dengan persentase nilai Derejat Pencapaian (DP) sebesar 76,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rafilus, F. and Inra, A. (2022) “KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN TEKNIK SIPIL DALAM PEMBELAJARAN DARING”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 478-488. doi: 10.31933/rrj.v5i1.629.
Section
Education

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Christriantoro Nandy, dkk. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar Menggunakan Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Skripsi. Sriwijaya: Universitas Sriwijaya.
Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease (covid-19) di Perguruan Tinggi.
Lubis, Syahron. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Padang: Sukabina Press.
Ririen, D., & Hartika, D. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jambi: Universitas Batanghari.