KAITAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN ONLINE PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Auliana Valencia Rahren
Yolivia Irna Aviani

Abstract

Minat belajar dan prestasi merupakan dua hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Minat belajar biasanya dapat ditimbulkan dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri dengan bantuan dari berbagai pihak. Sementara prestasi merupakan hasil akhir yang diperoleh oleh siswa setelah menempuh atau menjalani suatu pembelajaran. Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pembelajaran yang mulanya dilakukan secara luring atau offline dengan dilakukannya pembelajaran tatap muka disekolah, sudah berubah menjadi pembelajaran yang dilakukan secara online atau daring. Pembelajaran yang dilakukan pada saat sekarang ini menggunakan alat-alat pendukung berupa smartphone beserta aplikasi lainnya yang berupa sosial media. Perubahan ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan siswa mengalami kekurangan minat belajar dan terjadinya penurunan prestasi pada siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapatnya minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa yang dilakukan pada masa pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Valencia Rahren, A. and Irna Aviani, Y. (2022) “KAITAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MASA PEMBELAJARAN ONLINE PANDEMI COVID-19”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 489-492. doi: 10.31933/rrj.v5i1.630.
Section
Education

References

Kuntarto, E., dan Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukungperkuliahan mahasiswa.
Lestari, I. A. (2010). Effect of learning motivation, learning interest, and adversity quotient accounting students learning on academic achievement. Thesis. Retrieved from http://papers.gunadarma.ac.id
Luo, Z., Dang, Y., & Xu, W. (2019). Academic interest scale for adolescents: development, validation, and measurement invariance with chinese students. Frontiers In Psychology, 10, 2301.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah pendidikan MIPA, 2(2), 122-131.
Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan minat belajar ipa siswa kelas v sd negeri 2 pelemkerep terhadap hasil belajar selama pembelajaran daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243-250.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294-1303.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa covid 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232- 243.