PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VIII

Main Article Content

Meilani Miswandi
Zelhendri Zen

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan dalam proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran yang sering dianggap mudah membosankan bagi peserta didik. Hal itu dikarenakan keterbatasan penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pesan, membuat proses pembelajaran menjadi kurang menarik. Berdasarkan hasil wawancara siswa kelas VIII, untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan maka perlu adanya perubahan dari proses pembelajaran yang dilakukan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan penggunaan media video pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dilakukan dalam 4 tahapan berdasarkan model 4-D sesuai yang dikemukakan  oleh Trianto (2012:93) , “Model pengembangan terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefenisian),  Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan),  dan Disminate (Penyebaran). Uji validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu dua vakidator media dan 1 validator materi. Uji praktikalitas dilakukan padan 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penilaian dari validator media dinyatakan “Sangat Valid” dengan  rata-rata 4,88 dan penilaian dari validator materi memperoleh  nilai 4,83 dengan kategori “Sangat Valid” .  Sedangkan  Penilaian praktikalitas dari siswa dinyatakan “Sangat Praktis” dengan rata-rata 4,59. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan media video pembelajaran berbasis Powtoon pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dikembangkan “Sangat Praktis” digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Miswandi, M. and Zen, Z. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VIII”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 662-668. doi: 10.31933/rrj.v5i1.652.
Section
Education

References

Andi, P. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inofatif. Yogyakarta: Diva Pers.
Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Arsyad. (2010). Metodologi Penelitian. Yokgyakarta: Baru Pers.
Graham. (2015). Pengembangan Meida Audio Visual Powtoon Dalam Bimbingan Teknologi. Skripsi. E-Jurnal bbg tunas bangsa, 6(1),7.
Supardi. (2012). Merancang Pembelajaran IPS. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembukuan.
Thiagajaran. (1974). Prosedur Penelitian dan Pengembangan mdoel 4-D. Jurnal Maju STKIP Bangsa, 4(1) 40-41.
Vardani, (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Plejaran PKN untuk Siswa Leals IX SMP. J-Basic Edu, 5(2).