PENGEMBANGAN E-MODUL TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN BIMBINGAN TIK KELAS VIII SMP

Main Article Content

Kurnia Sandi
Darmansyah Darmansyah

Abstract

Berdasarkan permasalahan bimbingan TIK yang ditemukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pasaman, ditetapkan adanya permasalahan siswa yang tidak memahami materi bimbingan TIK karena selama proses pembelajaran guru memadukan aspek pengetahuan dengan aspek keterampilan dan sering memberikan banyak catatan dengan materi yang disajikan di papan tulis yang berisi informasi abstrak tanpa penjelasan media verbal, menyebabkan siswa tidak mampu. Dengan menggunakan tutorial atau lebih realistis, modul media elektronik tutorial dapat digunakan sebagai pilihan untuk mengatasi masalah dalam proses pembelajaran. Validator terdiri dari: satu ahli materi, dua dosen media yang melakukan validasi terhadap modul elektronik tutorial. Kemudian, sebanyak 24 siswa kelas VIII.7 SMP Negeri 1 Pasaman dijadikan sebagai subjek penelitian. Format penilaian dan lembar kuesioner adalah instrumen untuk mengumpulkan data. Deskripsi kuantitatif dan kualitatif digunakan untuk menghasilkan data ini. Hasil temuan ahli materi tersebut rata-rata mendapat 4,70 dalam kategori “Sangat Valid” untuk penilaian validitas produk. Kemudiana jumlah penilaian dari validator media I mendapatkan rata-rata 4,86, dan dari validator media II mendapatkan rata-rata 4,80, keduanya dengan kategori “Sangat Valid”. Selain itu, tes kepraktisan modul elektronik tutorial memiliki skor penilaian rata-rata 4,59 dengan kategori “Sangat Praktis”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik tutorial untuk pelajaran bimbingan TIK kelas VIII SMP ini menunjukkan kesesuaian penggunaan media dengan materi bimbingan TIK dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sandi, K. and Darmansyah, D. (2022) “ PENGEMBANGAN E-MODUL TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN BIMBINGAN TIK KELAS VIII SMP”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 623-630. doi: 10.31933/rrj.v5i1.653.
Section
Education

References

Abidin, Z. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 79-102.
Aditia, T. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA NU (Nahdhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Journal Scientic Education, 1-20.
Arimadona, S. & Silvia, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika Berbasis Scientific Approach dengan Crossword Puzzle. Jipva (Jurnal Pendidikan IPA Veteran).
Cheung, L. (2016). Using The ADDIE Model Of Intructional. Educational Technology.
Danang, M. F. (2014). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan "Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)" untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1-9.
Daryanto. (2013). Penyusunan Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.
Gunadharma. (2011). Pengembangan Modul Elektronik sebagai Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Multimedia Design. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Kustandi, C. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ridwan, & Sunarto. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan Sosial, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suciana, D. d. (2019). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Edukima.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaman, M. (2013). Mengembangkan Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UNY.
Sutrisno, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Flip Builder Materi Puasa di MTS Bandar Lampung Timur. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.