MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BERNYANYI PADUAN SUARA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Aura Yunika Revani
Jagar Lumbantoruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran paduan suara menggunakan metode tutor sebaya di kelas XI SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Jenis penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan instrumen pendukung berupa handphone, alat tulis, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menununjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes unjuk kerja yang menunjukkan peningkatan yang sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus yaitu 69,42, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,7% menjadi 74,78, lalu meningkat kembali pada siklus II sebesar 4,3% menjadi 78. Hasil penelitian ini telah mencapai target dan melewati batas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yunika Revani, A. and Lumbantoruan, J. (2022) “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BERNYANYI PADUAN SUARA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 631-640. doi: 10.31933/rrj.v5i1.654.
Section
Education

References

Aisyah. (2004). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arisma, A., Syeilendra, S., & Kadir, T. H. (2014). Meningkatkan hasil belajar rekorder dengan metode tutor sebaya di kelas viii 1 Smpn 1 patamuan kabupaten padang pariaman. Jurnal Sendratasik, 3(3), 1-12.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah. (1991). Pengukuran dan Penelitian Hasil Belajar. Bandung: IKIP.
Fathurrohman, P. M. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Aditama.
Rani. (2004). Metode Rancangan Pembelajaran Teori dan Praktek. Malang: Elang Mas.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sari, S. W., Yuliasma, Y., & Desfiarni, D. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tari dengan menggunakan metode tutor sebaya di smp negeri 4 bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 2(1), 22-29.
Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi Pengajaran. repo.unikadelasalle.ac.id
Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Wahyuni, S., Kadir, T. H., & Toruan, J. L. (2013). Penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran seni musik di sman 4 muara bungo. Jurnal Sendratasik, 2(1), 49-55.