MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS XI IPS/2 SMA PGRI 1 PADANG

Main Article Content

Athari Dwika Wulan Harvy
Yuliasma Yuliasma

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan media audio visual bisa menambah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Seni Tari di kelas XI IPS/2 SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data memakai teknik observasi dan tes tertulis (kognitif). Data dianalisis dengan menggunakan rumus presesntase. Hasil penelitian dengan penggunaan media audio visual di pelajaran seni tari dapat menambah minat belajar dan membuat proses blajar menjadi aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan indikator. Secara keseluruhan kegiatan belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan dengan rata-rata presentase kegiatan siswa pada siklus I sebesar 39.9%. Setetelah dilakukan pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan meski belum optimal dengandengan rata-rata presentase kegiatan siswa pada siklus 2 menjadi 70%. Penggunaan media audio visual didapat dalam hasil belajar siswa melalui tes tertulis siswa menunjukan peningkatan sanagat baik, rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus I adalah 59.09%. Kemudian hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus II menjadi 81,81%. Menggunakan media audio visual pada pembelajaran seni tari bisa menambah minat belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wulan Harvy, A. D. and Yuliasma, Y. (2022) “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS XI IPS/2 SMA PGRI 1 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 646-653. doi: 10.31933/rrj.v5i1.656.
Section
Education

References

Ade, S. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Amriyeni, M., Syarif, I., & Iriani, Z. (2013). Pengaruh audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat kelas x sma negeri 8 padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 56-62.
Arifin, Z. (2010). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo.
Kurnita, T. (2018). Pendidikan Seni Tari. Banda Aceh: Syiah Kuala Univerity Press.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2016). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosakarya.
Oktira, Y. S., Ardipal, A., & Toruan, J. L. (2013). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemandirian siswa belajar seni budaya. Jurnal Sendratasik, 2(1), 63-72.
Suarty, Y., Yuliasma., Susmiati. (2019). Penggunaan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari di smp negeri 15 padang. E-jurnal Sendratasik, 7(3).
Suryani, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosda karya.