PENERAPAN KETERAMPILAN 4C MELALUI PRESENTASI MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TARI) DI KELAS X TARI 2 SMK N 7 PADANG

Main Article Content

Fitri Handayani
Yuliasma Yuliasma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan keterampilan 4C dengan presentasi media Power Point dalam pembelajaran Seni Budaya (tari) di kelas X Tari 2 SMK N 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Adapun instrumen dari penelitian ini peneliti menggunakan lembar pengamatan belajar dan kemampuan presentasi siswa dan tes tertulis. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, observasi, tes dan dokumentasi. Objek penelitian ini siswa kelas X Tari 2 SMK Negeri 7 Padang yang berjumlah 17 orang siswa perempuan. Teknis analisis data yaitu data yang di peroleh berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran seni budaya pada siklus berikutnya. Pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 69,2 siswa yang tuntas adalah 7 orang siswa, dan yang tidak tuntas adalah 10 orang siswa, sehingga penelitian terhadap kemampuan presentasi siswa dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II rata-rata nilai siswa adalah 77,2 siswa yang tuntas adalah 14 orang siswa, dan yang tidak tuntas adalah 3 orang siswa, maka penelitian terhadap kemampuan kognitif siswa dihentikan pada siklus II. Kemampuan presentasi siswa meningkat dengan sangat baik, rata-rata nilai kemapuan presentasi siswa mencapai 52,6 dengan KKM dalam penilaian kemampuan psikomotorik ini adalah 43. Yang mana pencapaian pengamatan belajar, kemampuan presentasi siswa dan hasil nilai belajar siswa telah mancapai bahkan lebih dari KKM yang telah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Handayani, F. and Yuliasma, Y. (2022) “PENERAPAN KETERAMPILAN 4C MELALUI PRESENTASI MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TARI) DI KELAS X TARI 2 SMK N 7 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 654-661. doi: 10.31933/rrj.v5i1.657.
Section
Education

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta.
Asriati, A. 2005. Gaya Tari dalam Perspektif Kontekstual (Kajian terhadap Tari Piriang Suluah), dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra. Dan Seni, 14(1).
Aqib, Z. (2018). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widia.
Elly M. Setiadi, et al, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2007), 27-28.
https://primaindisoft.com, Apa itu keterampilan 4 C dalam pembelajaran abad ke- 21, 27 february 2020, (31 agustus 2020).
Lase, D. (2019). “Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0”. Jctes, 1 (1), Hlm. 28-43.
Mulyono. A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran berbasis Kompoter Mengembangkan profesional Guru Abad 21. Bandung. Alfabeta https://www. aksibelajar.com.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.
Sholihin, Karim Hidayat. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint pada Mata Diklat Teknik Bubut Di SMK Negeri II Pengasih. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slamento. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Simbolon, M. E. (2019). Tuturan dalam Pembelajaran Berbicara dengan Metode Reciprocal Teaching. Penerbit Media Sahabat Cendekia
Sudjana, 1999. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media pembelajaran: Jilid 2. CV Jejak, Anggota IKAPI.
Yuliasma dkk. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Anak Tunarungu Dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari Di SLB Negeri 2 Padang. Komposisi: E-Jurnal Sendratasik, 6(1), 18-27.