MAKNA TARI TOR-TOR NAPOSO NAULI BULUNG PADA PESTA PERKAWINAN DI JORONG RURAPATONTANG KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT

Main Article Content

Jum’atin Ulya
Desfiarni Desfiarni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis makna Tari To-Tor Naposo Nauli Bulung pada pesta perkawinan di Jorong Rurapatontang Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek dari penelitian ini yaitu Tari Tor-tor Naposo Nauli Bulung pada pesta perkawinan di Jorong Rurapatontang Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat pada tanggal 17 Juli 2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen utama ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tari Tor-tor Naposo Nauli Bulung termasuk dalam tari tradisional yang masih digunakan sampai sekarang. Pada Tari Tor-tor Naposo Nauli Bulung terdapat 3 ragam gerak yang memiliki makna yaitu gerak bersiap dimana penari menghadap pihak raja dan kedua pengantin maknanya muda mudi hormat kepada orang tua dan memberikan salam perpisahan kepada kedua pengantin, gerak manis yang mana penari berarti hormat sesuai dengan tangan penari yang menyerupai segitiga (hormat ialah memberikan salam hormat kepada masyarakat yang menonton), gerak manyambar dimana penari melakukan gerakan dengan badan berdiri dan kedua tangan diangkat selurus bahu yang berarti adab untuk meminta kepada Tuhan supaya muda mudi dijauh dari kehidupan yang dilarang Tuhan Yang Maha Esa seperti melakukan perzinaan, narkoba dan berjudi. Nilai sosial dapat diartikan sebagai sesuatu yang baik, diinginkan, diharapkan, dan dianggap penting oleh masyarakat. Pertunjukan Tari Tor-tor Naposo Nauli Bulung dalam pesta perkawinan terjadinya silaturahmi yang baik dengan membantu kelancaran pelaksanaan pesta perkawinan. Dalam aktifitas ini saling berkaitan antara yang mengadakan pesta perkawinan dengan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ulya, J. and Desfiarni, D. (2022) “MAKNA TARI TOR-TOR NAPOSO NAULI BULUNG PADA PESTA PERKAWINAN DI JORONG RURAPATONTANG KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 669-680. doi: 10.31933/rrj.v5i1.659.
Section
Education

References

Ahmad, R. (2019). Nilai-Nilai Sosial: Tinjuan Dari Sebuah Novel. Lampung: Cv Iqro
Diana, T. (2017). Makna tari tortor dalam upacara adat perkawinan suku batak toba desa tangga batu kecamatan tampahan kabupaten toba samosir provinsi sumatera utara. Jom FISIP, 4(1), 1-13.
Edi, S.. dkk. (19860. Pengetahuan Elemen Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta: Direktorat Kesenian Jakarta.
Fathonah, S., et al. (2019). Makna pesan dalam tari tradisional (analisis deskriptif kualitatif makna pesan dalam kesenian tari piring). Koneksi, 3(1), 99–104.
Iskandar, T. N. (2013). Seni Tari Tradisional. Bandung: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro.
Manan, A. (1995). Pendidikan Nilai, Konsep dan Moral. Malang: IKIP Malang.
Mayangsari, Y. P. U., Fitriani, E. (2021). Makna Tari Gandai Bagi Masyarakat Desa Tunggang. Culture & Society: Journal Of Anthropological Research, 2(4), 151-159.
Pratiwi, S. A. F., Kurnita, T., Nurlaili. (2016). Bentuk penyajian tari tor-tor naposo nauli bulung pada adat perkawinan mandailing di kelurahan pidoli dolok. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 1(4), 304-312.
Ramada, S. J. (2019). Makna tari kajai dalam upacara pesta perkawinan di desa topos kecamatan topos kabupaten lebong provinsi bengkulu. Skripsi Thesis. Universitas Negeri Padang.
Ririz, D. O., Desfiani. (2021). Kemasan tari kejai dalam pesta perkawinan di desa tunggang kecamatan lebong utara kabupaten lebong provinsi bengkulu. Jurnal Sendratasik, 10(4), 92-103.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.