PELAKSANAAN ENSAMBEL MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN

Main Article Content

Budi Handoko
Esy Maestro

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan ensambel musik pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis. Dengan jenis dan metode penelitian ini akan mengarahkan peneliti secara metode untuk meneliti pada fakta, kejadian maupun perilaku orang-orang yang berhubungan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk hasil dapat dianalisis dengan cara kualitatif. Hasil penelitian ini telah menjelaskan bahwa pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang musik yang dilakukan oleh satu orang pembina terutama oleh guru yang tidak berlatar belakang bidangnya menyebabkan pembinaan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik banyak menemui kendala. Diantara permasalahan tersebut adalah sulitnya guru menjelaskan materi ansambel musik sesakral bidang ilmu musiknya, kegiatan praktik yang cenderung meniru praktik bermain musik, dan terpecahnya perhatian guru untuk mengelola kegiatan ansambel musik dengan landasan latihan yang terpisah-pisah. Oleh karena itu, sekolah harus memikirkan bagaimana menyalurkan pilihan musik siswa dalam ekstrakurikuler dengan pembina dan kegiatan yang lebih mumpuni.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Handoko, B. and Maestro, E. (2022) “PELAKSANAAN ENSAMBEL MUSIK PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN LAREH SAGO HALABAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 694-701. doi: 10.31933/rrj.v5i1.661.
Section
Education

References

Abdurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ardipal, A. (2012). Peran seni dalam pengajaran. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 9(2).
Maestro, E. (2000). “Pianika" suatu alternatif instrumen dasar dalam pengembangan sikap bermusik di sekolah. Project Report. Padang: Fakultas Bahasa dan Seni UNP.
Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga Pendidikan. Turast, Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 6(2).
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Ronda Karya.
Permendikbud Nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Putra, I.E.D. (2013). Penggunaan powerpoint pada pembelajaran teori musik dasar di jurusan sendratasik FBS-UNP. Jurnal Bahasa dan Seni, 14(2), 128-141