PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 KOTA PARIAMAN

Main Article Content

Wela Fitriani
Indrayuda Indrayuda

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan konstruktivisme terhadap aktivitas dan keaktifan siswa pada pembelajaran Seni Tari di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini adalah pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Presentase aktivitas siswa pada siklus I pada pertemuan ke-1 yaitu 56% dengan kriteria kurang baik, pertemuan ke-2 rata-rata presentase aktivitas belajar siswa adalah 46% dengan kriteria kurang baik, pertemuan ke-3 meningkat menjadi 59% dengan kriteria kurang baik. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat, pada pertemuan ke-1 yaitu 67,7%, dengan cukup baik, pada pertemuan ke-2 semakin meningkat menjadi 91,6% kriteria sangat baik. Presentase belajar siswa melalui tes tertulis dan tes praktek siswa menunjukan peningkatan sangat baik, rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa adalah 86,8% dengan pencapaian sangat baik, sedangkan pada hasil kemampuan praktek siswa dengan rata-rata nilai 73,2% menjadi 86% dengan pencapaian sangat baik. Hasil penelitian ini telah mencapai target dan melewati batas nilai Kriteria Ketuntasan Minumun (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fitriani, W. and Indrayuda, I. (2022) “PENGGUNAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 KOTA PARIAMAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 738-745. doi: 10.31933/rrj.v5i1.664.
Section
Education

References

Abimanyu, S., dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.
Amriyeni, M., Syarif, I., & Iriani, Z. (2013). Pengaruh audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari daerah setempat kelas x sma negeri 8 padang. Jurnal Sendratasik, 2(1), 56-62.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Putri, W. A., Indrayuda, I., & Susmiarti, S. (2018). Efektivitas penggunaan metode ceramah dan demonstrasi pada pembelajaran seni tari di kelas vii a smp pembangunan laboratorium unp. Jurnal Sendratasik, 7(1), 1-5.
Reigeluth, C. M. (1983). Instructional Design Theories and Models: an Overview of their Current Status, Instructional Design: What is it?. New Jersey: Publishers Hildshale.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Sudarsono., et al. (1996). Tumbuhan Obat. Yogyakarta: Pusat Penelitian Obat Tradisional UGM.
Sudjana, N. (1989). Dasar -dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru
Suhendra, M., Iriani, Z., & Yuliasma, Y. (2018). Hubungan olah tubuh terhadap hasil belajar tari tradisional minangkabau pada mahasiswa jurusan sendratasik tahun 2017 universitas negeri padang. Jurnal Sendratasik, 7(1), 8-14.
Syafii, D. (2003). Materi dan Pembelajaran Kertakes. Pusat Penerbit: UT.