PENGARUH PEMBATASAN TEGANGAN OUTPUT SENSOR O2 DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER TERHADAP DAYA, TORSI, PEMAKAIAN BAHAN BAKAR, DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M Alimin Syuhada
Hasan Maksum
Martias Martias

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pembuatan alat manipulator sensor O2. Tujuan penelitian Pembuatan alat ini adalah sebagai penyempurnaan dari alat sebelumnya yang sudah ditemukan namun masih menggunakan sistem kerja manual yaitu menggunakan resistor, sedangkan yang peneliti lakukan sistem akan diganti dengan menggunakan sistem control elektronik mikrokontroller Arduino Uno. Objek penelitian ini adalah kendaraan sepeda motor Yamaha Mio J tahun 2014. Data yang dikumpulkan adalah data daya, torsi, komsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang didapatkan dari dynotes, gas Analyzer, dan buret sebelum dan sesudah menggunakan alat manipulator sensor O2. Pengujian ini dilakukan di Drako Motor Jl. Durian Pekan Baru Riau, dan di workshop Pengujian Kendaran Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.    


Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut. 1) daya meningkat sebesar 9,2 %, 2) torsi meningkat 44,15%, 3) peningkatan gas HC terbesar 7,39% pada putaran 2500 rpm, 4) peningkatan  gas CO terbesar 10,34% pada putaran 2500 rpm, 5) penggunaan alat pembatasan tegangan output sensor O2 sensor signifikan terhadap daya dan torsi dengan nilai rata-rata thitung lebih besar dari pada ttabel .

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Syuhada, M. A., Maksum, H. and Martias, M. (2019) “PENGARUH PEMBATASAN TEGANGAN OUTPUT SENSOR O2 DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER TERHADAP DAYA, TORSI, PEMAKAIAN BAHAN BAKAR, DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 613 - 618. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/100 (Accessed: 26April2024).