Usulan Mitigasi Risiko Menggunakan Metode House of Risk (HOR) pada Divisi Produksi UMKM Odelia Hijab

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salsabilla Putri Armala
Yunita Nugrahaini Safrudin
Hadi Susanto

Abstract

UMKM Odelia Hijab merupakan salah satu industri fashion berlokasi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang berfokus pada produksi hijab dengan berbagai macam variasi dan warna. Selama melakukan bisnis, tentu perusahaan ini juga mengalami potensi risiko yang menimbulkan permasalahan, salah satunya di bagian produksi. Dalam kurun waktu enam bulan terakhir, hasil produk pada UMKM Odelia Hijab telah melebihi batas cacat produk pada sasaran mutu yaitu 10% pada kain dan 6% pada produk serta kurang dari target produksi sebanyak 1500 pcs per hari. Pada permasalahan yang terjadi, diketahui bahwa UMKM Odelia Hijab belum mengetahui penyebab utama risiko kejadian risiko tersebut terjadi dan belum menentukan tindakan penanganan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan perancangan strategi mitigasi risiko yang berisikan perbaikan solusi dengan menggunakan metode House of Risk (HOR). Pada tahapan identifikasi risiko, didapatkan 16 kejadian risiko dan 13 penyebab risiko pada divisi produksi di UMKM Odelia Hijab. Metode ini dilakukan dengan menggunakan dua fase. Fase 1 pada metode HOR bertujuan untuk membantu menentukan penyebab risiko yang diprioritaskan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil yang didapatkan pada fase HOR 1 adalah terpilih tiga prioritas penyebab risiko. Fase 2 pada metode HOR bertujuan untuk menentukan prioritas dari strategi mitigasi risiko berdasarkan perhitungan fase 1. Selanjutnya, hasil yang didapatkan pada fase HOR 2 adalah diusulkan 10 mitigasi risiko dan didapatkan satu strategi mitigasi risiko terpilih.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Armala, S. P., Yunita Nugrahaini Safrudin and Hadi Susanto (2024) “Usulan Mitigasi Risiko Menggunakan Metode House of Risk (HOR) pada Divisi Produksi UMKM Odelia Hijab”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(5), pp. 1529-1536. doi: 10.38035/rrj.v6i5.1010.

References

Hery. (2015). Manajemen Risiko Bisnis. Jakarta: PT Grasindo.
Pujawan, I. N. (2009). House of Risk : a model for proactive supply chain risk management. Business Process Management Journal.
Susilo, L., & Kaho, V. (2018). Manajemen Risiko: Panduan untuk Risk Leaders dan Risk Practioners ISO 31000:2018. Penerbit Grasindo.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'