HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 1 SUMATERA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ridho Pratama
Wagino Wagino

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukan di lapangan adanya siswa kelas XII TKR SMK N 1 SUMATERA BARAT yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel penelitian adalah 36 orang siswa kelas XII. Data dianalisis menggunakan Microsoft Excel 2007 dan Program SPSS versi 16.0 Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung˃r tabel (0,459˃0,329) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung˂ t tabel (3.013 ˃ 2,032) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar  dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 1 SumateraBarat. Adanya kontribusi Lingkungan belajar dalam kelas terhadap hasil belajar siswa  sebesar 45,9 %.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pratama, R. and Wagino, W. (2019) “HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGAPIAN KELAS XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMKN 1 SUMATERA BARAT”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 641 - 649. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/105 (Accessed: 23April2024).