Sifat Fisikokimia Kimia Es Krim Temu Mangga (Curcuma Manggal Val) dengan Penambahan CMC (Carboxiaesil Methyl Cellulose)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Fahmi Syaifullah Fahmi
Muh. Aniar Hari Swasono

Abstract

Es krim merupakan salah satu produk olahan susu yang populer di seluruh dunia. Es krim dengan penambahan ekstrak temu mangga sebagai upaya di versifikasi Temu Mangga dan di harapkan dapat menjadi es krim yang memiliki cita rasa enak dan bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak temu mangga dan penambahan CMC terhadap karakteristik dan organoleptik es krim temu mangga. Es krim temu mangga dibuat dengan dua variasi konsentrasi perbandingan temu mangga dan CMC (temu mangga : bubuk 20 gram dan CMC : air 50 ml dan tiga variasi konsentrasi CMC (0,3%, 0,5%,). Sifat fisiko kimia es krim temu mangga meliputi karakteristik fisik serta karakteristik kimia untuk es krim temu mangga. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lekap (RAL) dengan dua faktorial yaitu penambahan konsentrasi Temu mangga (10 gr, 15 gr,20 gr) dan penambahan CMC (0,3 gr ,0,5 gr) Dari kedua faktor tersebut di dapatkan 6 perlakuan dan di uji sebanyak 3 kali ulangan, sehingga di peroleh 18 kali percobaan. Parameter uji fisikokimia yang dilakukan terhadap produk es krim Temu mangga meliputi kadar protein kecepatan meleleh, kadar kelembutan, kadar keketalan, overrun. Sedangkan untuk parameter uji organoleptik terhadap es krim meliputi warna,aroma rasa, dan tekstur. Penelitian ini di laksanakan di Laboratorium Pengolahan pangan dan Laboratorium gizi Universitas Airlangga Surabaya.yang di laksanakan pada bulan juni sampai selesai. Analisa data kimia menggunakan aplikasi minitab 21 untuk mengolah data Analysis of Variance (ANOVA) dan untuk menentukan notasi huruf data menggunakan Tukey Method. Analisa uji organoleptik menggunakan metode Friedman. Dan untuk menentukan perlakuan terbaik dari analisa uji fisikokimia dan organoleptik menggunakan metode Indeks Efektifitas De Garmo. Es krim temu mangga dengan kombinasi perlakuan penambahan kosentrasi CMC dan temu mangga berpengaruh nyata terhadap parameter uji kadar protein ,kadar kelembutan ,kadar keketalan untuk perlakuan C1T1,C1T2,C1T3.oveerun kecepatan meleleh dan uji organoleptik pada parameter tekstur. Tetapi tidakberpengaruh nyata pada parameter organileptik dengan perlakuan C2T1, C2T2, C2T3 serta uji organoleptik rasa dan warna. Saran dalam penelitian ini yaiu diperlukan penelitan lebih lanjut terkait total padatan, kadar protein dan viskositas es krim temu mangga . Serta adanya bahan tambahan yang mengandung protein memperoleh kualitas es krim yang baik.Es Krim

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fahmi, M. F. S. and Hari Swasono, M. A. (2024) “Sifat Fisikokimia Kimia Es Krim Temu Mangga (Curcuma Manggal Val) dengan Penambahan CMC (Carboxiaesil Methyl Cellulose)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(6), pp. 2709-2719. doi: 10.38035/rrj.v6i6.1124.

References

Adriansah, R, M. 2019. Karakteristik Fisikokimia dan Organoleptik Es Krim Buah Kemang (Mangifera Caesia) dengan Penambahan Carboxy Methyl Cellulose [Skripsi]. Fakultas Ilmu Pangan Halal Universitas Djuanda Bogor.
Habsari, N., Fitriani, S., & Rossi, E. (2023). “Penggunaan Sari Kacang Tanah dan Pure Buah Kelubi dalam Pembuatan Es Krim”. JURNAL AGROINDUSTRI HALAL . https://doi.org/10.30997/jah.v9i2.6043.
Jayus, Nafi, A. dan Nurma Prawintasari, M. 2022. Characterization of low fat synbiotic ice cream with different concentration of banana and edamame extract. . 1(9), hal.488–500.
Kumala, I. 2015. Pengaruh penambahan puree labu kuning dan lama pengocokan (agitasi) terhadap sifat organoleptik es krim yoghurt. E- Jornal Boga. 4(37), hal.202–210.
Pujimulyani, D.2019. Stabilitas Atioksidan Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica) selama Penyimpanan Umbi dan Pemanasan, Tesis S2 Fak. Teknik Pertanian, UGM, Yogyakarta
Roy, S., Hussain, S., Prasad, W., & Khetra, Y. (2021). “Pengaruh campuran pengemulsi terhadap atribut kualitas dan penyimpanan es krim susu kerbau berprotein tinggi”. Lwt - Ilmu Pangan dan Teknologi , 150, 111903. https://doi.org/10.1016/J.LWT.2021.111903 .
Rozi, A. 2018. Pengaruh penggunaan emulsifier dan kecepatan pengadukan yang berbeda terhadap pembuatan es krim. Journal of Chemical Information and Modeling. 53(9), hal.1689–1699.
Roszi Naszariah Nasni Naseri, F. R. (2021). Consumer Attitude and Online Purchase Intention: A. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 655 - 663. doi: DOI:10.6007/ IJARBSS/v11-i3/8977.
Yunani, T. 2017. Subtitusi Tepung Bekatul Beras Merah Terhadap kadar Protein dan Tingkat Kekerasan Biskuit. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.