ANALISIS PERBANDINGAN IC REGULATOR LINIER DENGAN IC REGULATOR SWITCHING DALAM RANGKAIAN REGULATOR TEGANGAN PADA POWER SUPPLY DC

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ryan Regivan
Almasri Almasri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan penggunaan IC regulator linier dengan IC regulator switching berdasarkan nilai tegangan output, arus output, tegangan ripple, regulasi beban, stabilitas terhadap perubahan catu jala-jala, daya, ketahanan dan kondisi ideal secara teori. Penelitian ini adalah penelitian komparasi. Metode dilakukan lewat studi literatur, teknik eksperimen dan simulasi. Pengambilan kesimpulan lewat membandingkan hasil pengukuran dan perhitungan menggunakan rumus lalu dilakukan analisis perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pada parameter tegangan output, dengan tegangan output 4,98V untuk regulator switching dan 4,81V untuk regulator linier. Arus output dengan beban 10KΩ menggunakan rumus didapat hasil 0,5mA, arus output regulator switching 0,099mA dan 0,47mA untuk regulator linier. Regulasi beban pada beban 10KΩ untuk regulator linier adalah 1,66% dan -0,8% untuk regulator switching. Stabilitas terhadap perubahan catu jala-jala, pada tegangan sumber 50V AC, tegangan output regulator linier adalah 3,29V DC dan 4,14V DC untuk regulator switching. Daya pada beban 100Ω, regulator linier adalah  202mW dan 244mW untuk regulator switching. Tegangan ripple regulator linier menggunakan rumus adalah 4mV, pengukuran didapat 248mV dan regulator switching menggunakan rumus adalah 10mV, pengukuran didapat 441mV. Ketahanan kedua voltage regulator tidak terdapat perbedaan sama sekali. Berdasarkan parameter yang telah diukur dan dihitung IC regulator switching lebih unggul dibandingkan IC regulator linier.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Regivan, R. and Almasri, A. (2019) “ANALISIS PERBANDINGAN IC REGULATOR LINIER DENGAN IC REGULATOR SWITCHING DALAM RANGKAIAN REGULATOR TEGANGAN PADA POWER SUPPLY DC”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1090-1099. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/175 (Accessed: 25April2024).