HUBUNGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 5 PADANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rovil Avindo
Nelvi Erizon

Abstract

Skripsi ini memaparkan tentang hubungan motivasi memasuki dunia kerja dengan kesiapan kerja peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Hasil proses wawancara yang peneliti lakukan pada beberapa siswa yaitu : (1) siswa kurang percaya diri untuk menyatakan siap bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, (2) kurangnya keahlian yang dibutuhkan oleh industri serta motivasi dari dalam diri juga kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada hubungan Motivasi Memasuki Dunia Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Teknik Pemesinan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - September 2019. Penelitian ini melibatkan 76 orang siswa yang merupakan seluruh siswa kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hipotesis memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara Motivasi Memasuki Dunia Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang, dengan koefisien korelasi rhitung > rtabel  ,yaitu (0,478 > 0,3008) pada signifikansi α = 0,05 dan thitung > ttabel , yaitu (3,967 > 2,016) pada signifikansi α = 0,05.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Avindo, R. and Erizon, N. (2019) “HUBUNGAN MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA DENGAN KESIAPAN KERJA PESERTA DIDIK KELAS XII TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 5 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), p. 122-`130. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/202 (Accessed: 18April2024).