Efektivitas Kepemimpinan Tungku Tigo Sajarangan Dalam Pembangunan Nagari di Kenagarian Lingkuang Aua

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fery Kurniawan
M. Fachri Adnan
Zikri Alhadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas kepemimpinan Tungku Tigo Sajarangan dalam pembangunan nigari di Kenagarian Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pemilihan informan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa efektivitas kepemimpinan tungku tigo sajarangan dalam pembangunan nagari belum optimal. Masalah yang ditemukan dalam penelitian pembangunan nagari oleh tungku tigo sajarangan di Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat yaitu kurang berperannya tungku tigo sajarangan dalam pembangunan nagari dari segi fisik dan dalam memberikan saran-saran atau arahannya dalam pembangunan nagari, kurangnya koordnasi antara tngku tigo sajarangan dengan pemimpin formal serta kurang adanya sumbangan fikiran,tenaga, serta tanggung jawab masyarakat terhadap pembangunan nagari di Kenagarian Lingkuang Aua Kec. Pasaman Kab. Pasaman t yang kurang berperan aktif dalam ikut membantu pembangunan nagari.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kurniawan, F., Fachri Adnan, M. and Alhadi, Z. (2020) “Efektivitas Kepemimpinan Tungku Tigo Sajarangan Dalam Pembangunan Nagari di Kenagarian Lingkuang Aua ”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 123-131. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/245 (Accessed: 24April2024).

References

Tjokroamidjojo.1986. Pengantar Pemikiran Tentang Teori dan Strategi Pembangunan Nasional, Jakarta:PT. Gunung Agung.
Wibowo. 2013. Perilaku dalam Organisasi.. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bagindo, Yulizal Yunus Dt. Rajo.2009. Sistem Kepemimpinan Minangkabau.
Badudu, Zain. 1994, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Pustaka Sinar Harapan,Jakarta.
Nasroen, M..1975. Dasar Filsafat Minang Kabau ; Penerbit Maju.
Mochtar Naim. 2008. Konsep kepemimpinan Tungku Nan Tigo Sajarangan & Masalah Penerapannya dalam Rangka Kembali Ke Nagari. http://www.pandaisikek.net/sosial-dan-seni-budaya-minang-kabau/tungku-tigo-sajarangan. 24 Oktober 2008 18:39.
Pemberdayaan Kembali Peran Pangulu (Penghulu) sebagai Penyelesai Konflik Kaum (Suku) di Minangkabau. DalamProsiding Seminar International Tradisi Lisan dalam Sistem Matrilineal. Padang: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Padang. 2015

R.Thaib.2013.MemuliakanBundoKanduang".http://tumbuhtumbuh.blogspot.com/2013/07/raudha-thaib-memuliakan-bundokanduang.html. Akses November 2014.
Peraturan Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor 2 tahun 2007 tentang
pokok –pokok Pemerintahan nagari.
Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 2 tahun 2008 tentang
Pemerintahan nagari.
Undang–Undang Repoblik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang
Pemerintah daerah