Pengembangan Jobsheet Berliterasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TKL Di SMK N 1 Bukittinggi

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Zaki
Syamsuarnis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan jobsheet Instalasi Penerangan Listrik (IPL) yang valid, praktis dan efektif serta sesuai dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop and Dissaminate). Subjek penelitian siswa kelas XI TKL 2 SMK N 1 Bukittinggi. Penelitian pengembangan ini menggunakan angket validitas, praktikalitas dan efektifitas (rubric). Berdasarkan hasil penelitian, jobsheet yang digunakan dalam kategori sangat valid dengan nilai persentase rata-rata 84%. Uji praktikalitas oleh responden guru mendapat nilai persentase 87% dan responden dari 35 orang siswa mendapat nilai persentase rata-rata 89%. Hasil uji praktikalitas oleh responden guru dan siswa dinyatakan bahwa jobsheet sangat praktis. Uji efektifitas menggunakan penilaian kerja siswa berupa rubric. Dari 35 orang siswa kelas XI TKL 2 SMK N 1 Bukittinggi, 32 orang siswa dinyatakan tuntas dan 3 orang siswa dinyatakan belum tuntas sehingga uji efektifitas mendapatkan nilai persentase rata-rata 91% yang artinya jobsheet yang digunakan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jobsheet yang dikembangkan sangat valid, praktis, dan efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Zaki, M. and Syamsuarnis (2020) “Pengembangan Jobsheet Berliterasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TKL Di SMK N 1 Bukittinggi”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 154-159. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/251 (Accessed: 19April2024).

References

M. Bruri Triyono, Siswanto, dkk. 2009. Materi Diklat Training of Trainer Calon Tenaga Pengajaran/Dosen Lingkungan Badiklat Perhubungan. Magelang : Badan Diklat Departemen Perhubungan.
P. R. Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
P. R. Indonesia. 2007. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 41.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.