PELAKSANAAN EVALUASI PELATIHAN SILAT DI KORONG KULIEK NAGARI SUNGAI BULUAH TIMUR KECATAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Aminah Aminah
Ismaniar Ismaniar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena keunikan evaluasi pelatihan silat di desa Kuliek Nagari Sungai Buluah Timur Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  waktu, syarat, dan tahap pelaksanaan evaluasi pelatihan silat di desa Kuliek. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis  studi kasus yang mengunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya di analisis mengunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) tidak ada waktu evaluasi  pelaksanaan pelatihan silat di desa Kuliek, termasuk pelaksanaan seremonial urak rabek,(2) Indikator penilaian untuk pelaksaan evaluasi pelatihan silat dinilai dari Peserta yang telah memiliki kuda kuda yang kokoh, dapat mengelakkan serangan lawan dengan gesit, Memiliki teknik pukulan,  bantingan dan tendangan yang baik, hafal langkah atau jurus dasar silat yang telah diajarkan. Pelaksaan evaluasi pelatihan silat ini terdiri dari dua tahap yaitu tahapan proses dan tahapan hasil berupa seremonial  urak rabek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aminah, A. and Ismaniar, I. (2020) “PELAKSANAAN EVALUASI PELATIHAN SILAT DI KORONG KULIEK NAGARI SUNGAI BULUAH TIMUR KECATAMATAN BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(3), pp. 20 - 27. doi: 10.31933/rrj.v2i3.291.
Section
Sosial Sciences

References

Irwandi. (2017). Perkembangan Pola Pendidikan Silat Pauh di Perguruan Silat Singo Barantai Tahun 1960-2012. 6(2), 120–131.
Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. bandung: PT Remaja Rosdakarya.
sudjana. (2006). evaluasi program pendidikan luar sekolah (remaja ros). bandung.
sucipto. (2007). modul pembelajaran pencak silat (fpok upi). bandung.
Sutarto, J. (2013). Manajemen Pelatihan (I. Fatria Iriyanti, ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20. Sistem Pendidikan Nasional (2003).
yulidar,syuraini, ismaniar. (2018). gambaran minat warga belajar mengikuti kegiatan randai di sanggar seni mustika minang duo kota pariaman. Spektrum, 1, nomor 2(pendidikan).