Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga Semen Dari Kain Bekas Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu (Pre Eksperimental Design Kelas IX di SLB Negeri 1 Lima Kaum)

Main Article Content

Irma Lusiyanti
Zulmiyetri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan proses pembelajaran keterampilan membuat vas bunga semen dari kain bekas bagi anak tunarungu. menggunakan jenis penelitian dengan metode eksperimen.  Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membuktikan bahwa keterampilan membuat vas bunga semen dari kain bekas bagi anak tunarungu Kelas IX di SLB Negeri 1 Lima Kaum dapat ditingkatkan dengan media Video Tutorial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode eksperimen. Metode yang dipakai untuk mengetahui apakah model media dengan video tutorial efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat vas bunga semen dari kain bekas bagi anak tunarungu. Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan persentase pretest dan posttest terlihatlah perbandingan yang meningkat terhadap kemampuan membuat vas bunga semen dari kain bekas bagi anak tunarungu kelas IX B di SLB Negeri 1 Lima Kaum setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Video tutorial. Penelitian dengan model pembelajaran langsung yang dilakukan peneliti dengan tujuan meningkatkan keterampilan vokasional membuat vas bunga semen dari kain bekas terlihat meningkat jika dibandingkan antara nilai pre-test dan post-test dan dapat dibuktikan melalui uji Wilcoxon Sign Rank Test dimana Zhitung = -2.032 dan Asymp.Sig(2-tailed) = 0.042, berarti Zhitung>Asymp.Sig. (2-tailed) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lusiyanti, I. and Zulmiyetri (2020) “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Vas Bunga Semen Dari Kain Bekas Melalui Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu (Pre Eksperimental Design Kelas IX di SLB Negeri 1 Lima Kaum)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 20-25. doi: 10.31933/rrj.v2i4.300.
Section
Education

References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bagus, D. (2012). Kreasi membuat Vas bunga. Jakarta: Rineka Cipta.
Firza, M. (2016). Meningkatkan Keterampilan Siswa menulis Kalimat Sederhana Melalui Model pembelajaran picture and Picture di Kelas 1 SDN 02 tilamuka. Universitas Gorontalo.
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Hujair, S. (2010). No TitleMedia Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba Sudirman.
Munir. (2010). Gerbang TIK Universitas Indonesia. Bandung: UPI Pers.
Putranto, B. (2015). Tips Menangani Siswa Yang Menbutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: DIVA Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'