Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Melalui Papan Titian Pada Siswa Tunagrahita Ringan

Main Article Content

Vaddilla Thulhusna
Damri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keseimbangan tubuh berdiri dengan satu kaki melalui papan titian pada seorang siswa perempuan tunagrahita ringan kelas II di SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode single subjek research (SRR) dengan desain A-B-A dan teknik analisis visual grafik. Subjek Penelitian adalah seorang siswa tunagrahita ringan kelas II, variabelnya dianalisis menggunakan persentase. Hasil analisis kemampuan keseimbangan tubuh berdiri dengan satu kaki melalui berjalan diatas papan titian tinggi 10-30 cm. Pada kondisi baseline (A1) sebanyak 15%, kondisi intervensi (B) sebanyak 50%, dan kondisi baseline (A2) 85%. Hasil penelitian ini ditunjukkan pada analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan kecenderungan stabilitas, estimasi kecenderungan arah yang meningkat dan overlope yang memiliki persentase rendah, artinya terdapat perubahan tingkat kemampuan keseimbangan tubuh (berdiri dengan satu kaki) melalui berjalan diatas papan titian tinggi 10-30 cm pada siswa tunagrahita ringan. Dari hasil perolehan data, dapat disimpulkan bahwa melalui berjalan diatas papan titian dapat meningkatkan keseimbangan tubuh pada siswa tunagrahita ringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Thulhusna, V. and Damri (2020) “Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Melalui Papan Titian Pada Siswa Tunagrahita Ringan”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 26-33. doi: 10.31933/rrj.v2i4.301.
Section
Education

References

Damri, A. Y. (2019). Efektifitas Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbaris Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 17(2).
Damri, F. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Laptop Mainan Anak Untuk Anak Tunagrahita Ringan Kelas II Di SLB Perwari Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 2(3).
Sidiarto, L. D. (2007). Perkembangan Otak dan Kesulitan Belajar Pada Anak. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Yulianty, R. (2010). Permainan yang meningkatkan kecerdasan anak. Jakarta: Laskar Aksara.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'