Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Kulit Jagung dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbasis Proyek untuk Siswa Tunarungu

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fajrina Dahlia
Nurhastuti

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan vokasional membuat bunga dari kulit jagung melalui metode demonstrasi berbasis proyek bagi siswa tunarungu. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan keterampilan membuat bunga dari kulit jagung dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis proyek untuk siswa tunarungu dan membuktikan apakah metode demonstrasi berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan membuat bunga kulit jagung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan setiap siklusnya, pada akhir pembelajaran di berikan evaluasi. Penelitian mengunakan metode demonstrasi berbasis proyek yang dapat meningkatkan kemampuan membuat bunga dari kulit jagung bagi siswa tunarungu. Hasil akhir penelitian ini siswa MSH, RMA dan TA dalam membuat bunga dari kulit jagung sudah menunjukkan adanya perkembangan yang baik dalam penerapan langkah-langkahnya. Sehingga dapat disimpulkan melalui metode demonstrasi berbasis proyek dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan membuat bunga dari kulit jagung melalui metode demonstrasi berbasis proyek bagi siswa tunarungu.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dahlia, F. and Nurhastuti (2020) “Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Bunga dari Kulit Jagung dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbasis Proyek untuk Siswa Tunarungu”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), pp. 13-19. doi: 10.38035/rrj.v3i1.316.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR,” 1 No 1.
Agung, S. dan. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Ombak.
Atmaja, J. R. (2017). Pendidikan dan Bimbingan anak berkebutuhan Khusus. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Hafsah. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Membuat Susu Kedelai Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus.
Jodiana Kusilawati. (2018). Pembelajaran Berbasis Proyek , Demonstrasi, Gaya Untuk Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas XI. JMP Online, 2, No. 6,(e-ISSN 2550-0481), P-ISSN 2614-7254.
Jusuf, H. (2010). Tingkatkan Loyalitas Guna Peningkatan Prestasi Kerja dan Karir.
Nurhastuti. (2019). PELATIHAN PRODUKSI MAHAR PERNIKAHAN DARI UANG KERTAS UNTUK SISWA TUNARUNGU. 4(1), 23–30.
Safni, Y. (2012). Bunga dari Kelobot Jagung. Tiara Aksa.
Suparno. (2010). Pengembangan Keterampilan Vokasional Produktif bagi Penyandang Tunarungu Pasca Sekolah Melalui Model Sheltered-Workshop Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Khusus, 5 No 2.
Supriyanto. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspirasi ManajemenPendidikan, 08 No 03(167–177).
Trianto. (2013). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.