Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kreativitas Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di Balai Latihan Kerja Kab. Agam

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adela Anita
Setiawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kecamatan Agama, hal ini diduga rendahnya motivasi belajar peserta pelatihan. Tujuan penelitian adalah: 1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta pelatihan; 2) mendeskripsikan kreativitas belajar peserta pelatihan; dan 3) melihat hubungan motivasi belajar dengan kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit di Kab. Agama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta pelatihan menjahit di Kab. Agam pada periode tahun 2020 sebanyak 16 orang dan seluruh populasi dijadikan responden, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi Spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar peserta pelatihan masih rendah, (2) kreativitas belajar peserta pelatihan masih rendah, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kreativitas belajar peserta pelatihan. peserta pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja Kabupaten Agam. Karena terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan kreativitas belajar peserta pelatihan menjahit, maka perlu bagi pengelola atau pengelola untuk memperhatikan kualitas pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Anita, A. and Setiawati (2022) “Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Kreativitas Belajar Peserta Pelatihan Menjahit di Balai Latihan Kerja Kab. Agam”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(4), pp. 270-279. doi: 10.38035/rrj.v4i4.350.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Christin, J., & Mukzam, D. (2017). Pengaruh Motivasi Internal dan Eksternal Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan PT. Indomarco Prismatama Distribution Centre Bogor). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(5), 108–112.
Djamarah, S. B. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Edwar, M. (2017). Kreativitas Inovasi Kewirausahaan dan Kurikulum. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 14(1), 1–9.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nopaldi, A. & S. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Warga Binaan pada Keterampilan Menjahit di Panti Sosial Karya Wanita Andam Dewi Solok. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(4), 398. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i4.101463
Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Jurnal Irfani, 11(1), 59–72.
Rizqi, A. A., Yusmansyah, & Mayasari, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Alibkin: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2).
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah, B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, M. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, M. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Wilda, Salwah, & Ekawati, S. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134–144.