Resiliensi dan Kebermaknaan Hidup Mantan Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Korong Tigo Jerong Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Dwi Syaputri

Abstract

Skripsi yang berjudul “Resiliensi dan Kebermaknaan Hidup Mantan Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Korong Tigo Jerong Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman” ditulis oleh Desi Dwi Syaputri NIM 2616182 Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi tahun 2021. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya mantan narapidana dengan kasus penyalahgunaan Narkoba yaitu 2 orang (JP dan LM), dimana Berbagai  macam permasalahan dan konsekuensi yang ditanggung oleh mantan narapidana kasus penyalahgunaan narkoba menimbulkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana proses pencapaian kebermaknaan hidup, dan gambaran resilien dari kedua individu tersebut. Dimana JP tersebut merasa hidup yang dijalaninya bagaikan masakan tanpa garam yaitu hambar setelah menjadi mantan narapidana, sulit dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, sedangkan HD memiliki rasa penyesalan yang teramat mendalam karena semasa masih menggunakan narkoba ia selalu bertentangan bahkan mengeluarkan kata-kata kasar kepada ayahnya, juga kepada masyarakat. Ketika HD tertangkap karena kasus penyalahgunaan narkoba dan menjalani sebagai narapidana ayah kandungnya pun meninggal dunia, sehingga membuat HD merasa menyesal dan menimbulkan kesedihan yang mendalam.  Penelitian ini adalah Metode Penelitian Kualitatif yang merupakan penelitian yang didasarkan pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi data berbentuk narasi serta visual (bukan angka) untuk memperoleh pemahaman mendalam dari fenomena tertentu yang diminati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus, yaitu penelitian yang menggunakan berbagai sumber data (sebanyak mungkin data) yang bisa dugunakan untuk meneliti, menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi, atau peristiwa secara sistematis. Penelaah berbagai sumber data ini membutuhkan berbagai macam instrument pengumpulan data. Data didapatkan dari Observasi, wawancara yang dilakukan di Korong Tigo Jerong yang terdapat di Nagari Kudu Ganting Barat Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Adapun informan dari penelitian ini adalah 2 orang yang merupakan mantan narapidana penyalahgunaan narkoba. Hasil Penelitian dari data yang dapatkan menunjukan bahwa kedua informan tersebut memiliki pemahaman dari permasalahan yang dihadapi, sehingga timbul rasa penyesalan serta ingin memperbaiki sikap dan tindakan dari yang sebelumnya yaitu pernah terjerat kasus penyalahgunaan narkoba, selain itu juga mereka lebih meningkatkan keresiliensian nya. Sedangkan kebermaknaan hidup itu muncul disebabkan karena tujuan-tujuan dalam hidup mereka yang terpenuhi atau mendatangkan kemanfaatan untuk diri sendiri maupun orang lain.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Dwi Syaputri, D. (2021) “Resiliensi dan Kebermaknaan Hidup Mantan Narapidana Penyalahgunaan Narkoba di Korong Tigo Jerong Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), pp. 30-42. doi: 10.38035/rrj.v4i1.419.

References

Adam, Sumarlin. 2013. Dampak Narkotika Pada Psikologi Dan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Dosen Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo, 5-6.
Arista, Dwi. 2017. Kebermakaan Hidup Hidup dan Religiusitas Pada Mantan Narapidana Kasus Pembunuhan. Jurnal Psikoborneo, 5(3), 602-606.
Bastaman, H.D. 2007. Logoterapi Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta : Rajawali Pers
Hariwijaya, M. 2015. Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Untuk Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta : Parama Ilmu.
Hendriani, Wiwin. 2018. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Hermayati, Desy. 2014. Kebermaknaan Hidup dan Konflik Peran Ganda Pada Wanita Karier yang Berkeluarga di Kota Samarinda. Jurnal Psikoborneo, 2(2), ISSN : 2477-2666/E-ISSN : 2477-2674.
Ifdil dan Taufik. 2012. Urgensi Peningkatan dan Pengembangan Resiliesi Siswa di Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 115-118.
Khomsah, Novi Rizani, dkk. 2017. Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa, Indoneisian Journal of Guidance and Counseling ; Theory and Application. Universitas Negeri Semarang, 47.
Leo, Sutanto. 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta : Erlangga.
Novita, Sari. 2019. Tinjauan Yuridis Terhadap Upaya Pelajar/Mahasiswa dalam Memperoleh Narkoba, Jurnal Penelitian Hukum Dejure, 19(1), 122.
Restacendi, Maydiya. 2017. Karakteristik Pelajar Penyalahgunaan NAPZA dan jenis NAPZA yang digunakan Di Kota Surabaya, The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 25.
Safitri, Lila Dini. 2015. Resiliensi pada Mantan Penyalahguaan Napza, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(4), 3..
Satria, Budi dan Sazira. 2016. Resiliensi Pasien Napza Selama Masa Rehabilitasi, Idea Nursing Jurnal, 7(2), 69.
Setiawati, dkk. 2015. Bahaya Narkoba Jilid 1. Jakarta : PT. Tirta Asih Jaya.. 2015. Bahaya Narkoba Jilid 2. Jakarta : PT. Tirta Asih Jaya.. 2015. Bahaya Narkoba Jilid 3. Jakarta : PT. Tirta Asih Jaya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang Narkotika (UU RI No. 35 Th. 2009).
Victor, Frankl. 2006. Logoterapi Terapi Psikologi Melalui Pemaknaan Eksistensi, Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Widiyastana, Hestu dan Indah Fajrotuz Zahro. 2018. Kebermaknaan Hidup Narapidana Ditinjau Dari Pendekatan Eksistensial, Jurnal Psikologi, 5(1), 3.
Yusri, Fadhilla. 2015. Instrumentasi Non-Tes Dalam Konseling, Padang Panjang : P3SDM Melati Publishing.