RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN CAIRAN INFUS BERBASIS ARDUINO UNO

Main Article Content

Sandi Youda
Juli Sardi

Abstract

Perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat bila diterapkan secara tepat. Seiring dengan hal tersebut, maka kebutuhan teknologi juga sangat dibutuhkan dalam dunia medis. Dengan kondisi rumah sakit yang luas, jumlah pasien yang banyak serta keterbatasan tenaga medis dan tuntutan pelayanan pada pasien yang baik selalu menjadi masalah dalam setiap rumah sakit. Salah satu masalahnya adalah pemberian cairan infus, pada penilitian ini bertujuan membuat karya ilmiah untuk Merealisasikan rancangan, program, dan mengetahui unjuk kerja alat Kontrol kecepatan cairan infus berbasis Arduino Uno, dengan memakai metode Sensor Berat (Load Cell) sebagai pendeteksi sisa cairan infus, dan menggunakan NodeMCU8266 sebagai media transfer data, serta kontrol kecepatan aliran infus menggunakan metode set Makro dan set Mikro. Setelah dilakukannya uji coba pada perangkat ini, diperoleh hasil bahwa perangkat ini dapat bekerja dengan baik dan juga sesuai subjek penelitian. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah para perawat dirumah sakit dalam melakukan monitoring dan pergantian Cairan infus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Youda, S. and Sardi, J. (2022) “RANCANG BANGUN KONTROL KECEPATAN CAIRAN INFUS BERBASIS ARDUINO UNO”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 102-111. doi: 10.31933/rrj.v5i1.576.
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

References

Administrator. (2013). Macam-Macam Website. www.naevaweb.com, diakses 07 April 2021.
Akbar, M. I. (2013). UTS II pengantar elektronika (TM).
Arduino. (2010). Pengenalan Arduino. Retrieved from https://Arduino.cc/
Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Arnata, A., Cahaya, N., Intannia, D. (2012). Prevalensi Kejadian Berpotensi Interaksi Obat Pada Pasien Intensive Care Unit (ICU) Di Rsud Ulin Banjarmasin Tahun 2012.
Fajar, A. (2016). Prototype robot pemindah barang menggunakan arduino. Other Thesis. Yogyakarta: UPN Veteran
Hidayat, S. (2009). Sistem Pemantauan Infus Pasien Terpusat. Bandung.
Kusniadi. (2015). Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Router.
Lister, E. C. (1988). Mesin dan Rangkaian Lisrik. Jakarta : Erlangga.
Prasetyo, M. A. (2017). Monitoring dengan ESP8266.
Rachman, dkk. (2010). Pengembangan prototipe sistem kontrol dan monitoring infus untuk pasien berbasis jaringan nirkabel (Zigbee). 11 th Seminar on Intelligent Technology and Its Applications, SITIA 2010. ISSN 2087-331X.
Rachmat, C. A. (2010). Algoritma Dan Pemograman Dengan Bahasa C. Yogyakarta: Andi Offet.
Rangkuti, S. (2016). Arduino & Proteus Simulasi dan Praktik. Bandung: Informatika Bandung
Ruslan, A. (2016). Monitoring cairan infus berdasarkan indikator kondisi dan laju cairan infus menggunakan jaringan wifi. Jurnal Ilmiah ILKOM UNHAS, 8(3).
Syahwil, M. (2013). Panduan Mudah Simulasi & Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Wicaksono, M. F., dan Hidayat. (2017). Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino Diseratai 23 Proyek, termasuk Proyek Ethernet dan Wireless Client Server. Bandung: Informatika Bandung.
Zainuri, A. (2012). Monitoring dan Identifikasi Gangguan Infus Menggunakan Mikrokontroler AVR.