ANALISIS SWOT UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEOPARK SILOKEK DI NAGARI SILOKEK OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SIJUNJUNG

Main Article Content

Nada Zahrani
Adil Mubarak

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada upaya strategi pengembangan objek wisata geopark silokek yang terdapat di Nagari Silokek Kabupaten Sijunjung. Kemudian dianalisis penerapan dalam melakukan pengembangan melalui cara meminimalisir kelemahan dan ancaman, mengoptimalkan daya guna peluang dan juga kekuatan. Data dilakukan pengumpulan lewat studi kepustakaan, observasi dan juga wawancara bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Pokdarwis, Masyarakat setempat, dan Pengunjung. Data dilakukan analisis dengan cara deskriptif selanjutnya dalam melakukan analisis penerapan dari strategi melakukan pengembangan objek wisata geopark silokek dilaksanakan melalui analisis SWOT. Berdasarkan dari hasil penelitian maka bisa diambil kesimpulan strategi dalam mengembangkan objek wiata geopark silokek yakni mengoptimalkan program-program dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki geopark silokek, memanfaatkan teknologi komunikasi dan telokomunikasi dalam upaya memaksimalkan promosi, meningkatkan pengelolaan daya tarik wisata sehingga investor tertarik untuk menanamkan sahamnya pada objek wiata geopark silokek di nagari silokek.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zahrani, N. and Mubarak, A. (2022) “ANALISIS SWOT UNTUK STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEOPARK SILOKEK DI NAGARI SILOKEK OLEH DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN SIJUNJUNG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), pp. 387-393. doi: 10.31933/rrj.v5i1.620.
Section
Sosial Sciences

References

Ade, I. (2021). Strategi pengembangan objek wisata dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan (studi pada objek wisata mantar) (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
Choridatul Bahiyah .2018. Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata di Pantai Duta Kabupaten.2,(95- 103)
Diyanti, Y. (2018). Analisis swot sebagai strategi meningkatkan daya saing usaha tahu di desa hajoran kecamatan sungai kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Jufri, T. Z., & Kewilayahan, J. T. I. D. Perubahan Aktivitas Masyarakat dan Penggunaan Lahan Akibat Pengembangan Geopark Silokek.
MUBARAK, Adil. Efektivitas Penertiban Penambangan Emas Ilegal di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2020, 62-69.
Pratikto, A. G., Subowo, A., & Afrizal, T. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Pariwisata Geopark Silokek (Studi Pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat). Journal of Public Policy and Management Review, 11(2), 193-210
PRIMADANY, Sefira Ryalita. Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk). 2013. PhD Thesis. Brawijaya University.
Putra, T. R. (2013). Peran Pokdarwis dalam Pengembangan Atraksi Wisata di Desa Wisata Tembi, Kecamatan Sewon-Kabupaten Bantul. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 9(3), 225.
Rinaldi, A. (2022). Perencanaan Strategis Pengembangan Objek Wisata Pemandian Alam Aek Sijorni oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Selatan.
Siregar, A. A. S. (2018). Strategi Pengembangan Objek Wisata Candi Bahal oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Utara.
Widianisti, Ni Made Ary. Strategi Pemasaran Pariwisata Di Kabupaten Buleleng, Bali. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2012, 1.1.