Implementasi Pembangunan Infrastruktur dalam Peningkatan Sosial Ekonomi di Kabupaten Kepulauan Meranti

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rika Pertiwi
Sujianto Sujianto
Dadang Mashur

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemiskinan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan. Oleh sebab itu, keseimbangan antara pertumbuhan dengan pemerataan dan seberapa besar peningkatan kesejahteraan masyarakat selalu dipertanyakan bila ingin mengetahui keberhasilan pembangunan. Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi salah satu kabupaten yang tingkat penduduk miskin yang paling tinggi dibandingkan kabupaten lainnya di Provinsi Riau, karena itu harus terus diintervensi melalui berbagai program dari pemerintah derah. Keterbatasan infrastruktur menjadi salah satu penyebab tingginya angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari beberapa pulau menyebabkan inflasi yang cukup tinggi, pertumbuhan ekonomi yang rendah, dan keterisoliran daerah sehingga kebutuhan pokok menjadi mahal. Oleh sebab itu, dibutuhkan penanganan dari pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti.


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis implementasi pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Meranti dan untuk mengidentifikasi apa dampak yang mempengaruhi implemnetassi dalam kebijakan peurunan angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis data yang utama adalah observasi (sumber data primer), teknik penunjang studi wawancara dan dokumentasi (sumber data sekunder). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah isi kebijakan content of policy yang mempengaruhi proses implementasi.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Pertiwi, R., Sujianto, S. and Mashur, D. (2024) “Implementasi Pembangunan Infrastruktur dalam Peningkatan Sosial Ekonomi di Kabupaten Kepulauan Meranti”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), pp. 594-605. doi: 10.38035/rrj.v6i4.852.

References

Azhari, F. M., & Mashur, D. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN (TKPK) DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI PEKANBARU. Cross-Border, 5, 574–589. http://www.journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1108/883
Gevisioner, Bangun R, & Karyanti. (2013). Strategi Pembangunan Berbasis Masyarakat di Kecamatan Perbatasan Negara di Provinsi Riau. Jurnal Bina Praja| Volume 5 Nomor 1 Edisi Maret 2013: 53 - 62. https://jurnal.kemendagri.go.id/index.php/jbp/article/view/87/
Handalani, R.T. (2019). Determinant of Poverty in Indonesian’s Province: A Review of Public Policy. Jurnal Borneo Administrator. Jurnal Borneo Administrator, Volume 15 Nomor 1, 59–80.
Amida, V. A., & Sitorus, J. R. H. (2020). Penerapan Regresi Logistik Biner Multilevel dalam Analisis Pengaruh Karakteristik Individu, Rumah Tangga, dan Wilayah Terhadap Status Kemiskinan Balita di Kepulauan Maluku dan Pulau Papua. Seminar Nasional Official Statistics, 1, 967–977.
Parwodiwiyono, S. (2021). Analisis Determinan Kemiskinan di Pulau Jawa dengan Model Regresi Spasial. Seminar Nasional Geomatika 2020: Informasi Geospasial Untuk Inovasi Percepatan Pembangunan Berkelanjutan.