Strategi Komunikasi Humas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dalam Menyosialisasikan Cara Pencegahan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Berkuku Belah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pelangi Yunita Ariestantya
Wina Puspita Sari
Muria Putriana
Asep Soegiarto

Abstract

Hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, babi, kambing, dan domba rentan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sangat menular. Wabah PMK erat kaitannya dengan industri peternakan dan dikelola oleh Humas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH). Tujuan utama penelitian ini yaitu mencari tahu bagaimana Ditjen PKH memanfaatkan kehumasan untuk memberikan informasi kepada peternak mengenai wabah PMK, dengan mengunakan pendekatan kualitatif yang meliputi dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi sebagai metode pengumpulan data yang selanjutnya akan dianalisis dengan analisis deskriptif. Sementara untuk menguji keabsahan data penelitian, digunakan teknik triangulasi. Penelitan ini menggunakan teori perencanaan strategi komunikasi Laurie J. Wilson dan Joseph D. Odgen sebagai teori dasarnya, yang menyatakan bahwa terdapat 4 fase strategi komunikasi yang masing-masing memiliki komponen berbeda diantaranya: Riset, Rencana Aksi, Komunikasi, dan Evaluasi. Temuan penelitian ini memperlihatkan tahapan strategi komunikasi yang dilakukan dengan melalui pembentukan program kegiatan sosialisasi secara langsung dan melalui media online.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ariestantya, P. Y., Sari, W. P., Putriana, M. and Soegiarto, A. (2024) “Strategi Komunikasi Humas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Dalam Menyosialisasikan Cara Pencegahan Wabah Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Berkuku Belah”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), pp. 629-638. doi: 10.38035/rrj.v6i4.858.

References

Adjid, R. M. A. (2020). Penyakit Mulut dan Kuku: Penyakit Hewan Eksotik yang Harus Diwaspadai Masuknya ke Indonesia.
Akil, R. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Industri Penerbitan Buku Lokal Di Era Digital (Analisis Stp: Segmentasi, Target Dan Positioning). Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi.
Apriantoro, M. S., & Al-Kahfi, M. A. M., Ananda, W. F. (2023). Penyuluhan dan Sosialisasi Fatwa MUI No. 32 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Ibadah Kurban Saat Kondisi Wabah Penyakit Mulut Dan Kuku. Journal of Research on Community Engagement(JRCE).
Armawan, I. (2021). Strategi Komunikasi Pembangunan Masyarakat. Journal of Communication and Broadcasting.
Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2015). Strategi pemilihan media komunikasi LPPOM MUI dalam sosialisasi & promosi produk halal di Indonesia. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosia, 2(2), 87–97.
Atmaja, M. S., Yuliasari, I., & Ayuna, N. A. (2024). Strategi Komunikasi Organisasi dan Muhammadiyah dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Varian Omicron. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Diseria, R., & Fadhlan, S. (2024). Strategi Komunikasi DISKOMINSA Kabupaten Simeulue dalam Melaksanakan Sosialisasi Persandian dan Keamanan Siber. Comserva: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
Hamandia, M. R. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan RRI Palembang. Jurnal Komunikasi Islam.
Hariyati, F. (2020). Strategi Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Asing dalam Interaksi Antarbudaya (Studi pada Mahasiswa Thailand Selatan di UHAMKA). Komunika : Jurnal Ilmu Komunikasi.
Lastri. (2022). Strategi Komunikasi Satgas Covid-19 Desa Penyandingan Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Rahayu, R. P. C. (2020). Strategi Komunikasi Pemuda Organisasi Kerjasama Islam Indonesia Dalam Meningkatkan Kualitas Pemuda Muslim Melalui Program Kepemimpinan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ramadhanti, L., & Setyanto, Y. (2018). Pemanfaatan Instagram dalam Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pejalan Kaki (Studi pada Komunitas Koalisi Pejalan Kaki). ResearchGate.
Rohma, M. R., Zamzami, A., Utami, H. P., Karsyam, H. A., & Widyaningrum, D., C. (2022). Kasus penyakit mulut dan kuku di Indonesia: epidemiologi, diagnosis penyakit, angka kejadian, dampak penyakit, dan pengendalian. The 3rd National Conference of Applied Animal Science.
Satma, N., & Putri, N. E. (2019). Strategi Komunikasi Kpu Kota Padang Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu Kada Tahun 2018. Jurnal Ranah Research.
Sisvianda, D. K. (2013). Strategi Komunikasi Pendamping Pnpm-Mpd Dalam Upaya Pemberian Pemahaman Program Kepada Masyarakat. Jurnal Penelitian Strategi Komunikasi.
Soegiarto, A., Sari, W. P. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Jakarta.