Manajemen Pengelolaan Kelas pada TK Az-Zahra Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Marsiyah Marsi
Sugiyanto Sugiyanto
Tri Dewantari

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana kelas yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu kenyaman kelas. Manajemen kelas merupakan faktor yang sangat penting untuk mempertahankan kondisi kelas agar selalu efektif. Rumusan masalah penelitian yang penulis ajukan adalah “Bagaimana Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Az-Zahra Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan”. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menggambarkan serta mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan kelas di TK Az-Zahra Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang melibatkan guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Az-Zahra Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan dimulai dari: 1) penataan sarana dan prasarana telah disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan, 2) pengelompokan meja dan kursi sudah disesuaikan dengan kegiatan anak sehingga anak leluasa dalam bergerak, 3) Peletakan alat bermain dan bermain sudah di atur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya, 4) alat kegiatan pengaman diatur dalam ruangan, 5) kelas dirancang dengan warna-warna yang disukai anak, 6) pengaturan ventilasi dan cahaya sudah diatur dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Marsi, M., Sugiyanto, S. and Dewantari, T. (2024) “Manajemen Pengelolaan Kelas pada TK Az-Zahra Baru Ranji Merbau Mataram Lampung Selatan”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), pp. 796-801. doi: 10.38035/rrj.v6i4.929.

References

Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Khafifah, N. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas di TK Negeri Wanaraya Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala.
Muhtadiyan, M. I. (2021). Manajemen pengelolaan kelas di tk pgri bandar lampung.
Nuritasari, D. P., & Julianto, J. (2015). Pengelolaan Lingkungan Belajar Indoor Dengan Model Pembelajaran Sentra Di Paud. PAUD Teratai, 4(2), 1-6.
Pangastuti, R., Solichah, I., Islam, U., Sunan, N., Surabaya, A., & Anak, T. P. (2017). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya Ratna Pangastuti, Isnaini Solichah | 35. 2.
Rumsiah, Z. Z., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis profesionalisme guru anak usia dini dalam manajemen pengelolaan kelas Di TK Sabbihisma Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 730-738.
Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), (Vol. 3, p.
Suwarni, S., & Haryono, M. (2024). Manajemen Pengelolaan Kelas Pada Satuan PAUD SINAR PAGI Desa Maras Tengah Kabupaten Seluma. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 216-222.
UU No.20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Widiasmoro, E. (2018). Mahir Penelitian Pendidikan Modern: Metode Praktis Penelitian Guru, Dosen, dan Mahasiswa Keguruan. Cetakan I. Yogyakarta: Araska.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'