Aktualisasi Cinta dalam Novel di Tepi Sungai Piedra Aku Dudukdan Menangis Karya Paulo Coelho Menurut Psikologi Erich Fromm

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ferdinandus Sebo
Anselmus Esron Nursi

Abstract

Novel Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangisini, dapat dilihat bahwa ada unsur aktualisasi cinta yang bisa di kaji berdasarkan teori cinta menurut Erich Fromm. Teori cinta Erich Fromm yang digunakan sebagai metode kajian dalam artikel ini secara mendalam membahas dan menemukan data-data tentang aktualisasi cinta yang dialami oleh tokoh utama dalam novel dan bagaimana perjuangan tokoh utama dalam menginterpretasikan unsur-unsur cinta secara tepat yang sesuai dengan objeknya menurut pandangan Fromm. Lewat tokoh utama dalam novel Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangisditemukan beberapa unsur cinta dan objek cinta menurut Erich Fromm. Unsur cinta seperti perhatian, tanggung jawab, rasa hormat, dan pengetahuan sedangkan, objek cinta seperti objek cinta sesama, cinta erotis, cinta diri dan cinta Tuhan. Selain itu, ada beberapa aktualisasi cinta yang ditunjukkan tokoh utama dalam novel Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis. 1) Motivasi sebagai dorongan perasaan, kejiwaan dan emosi individu dalam bertindak untuk mencapai tujuan atau keinginan. 2) Perjuangan sebagai sebuah usaha individu tanpa rasa putus asa, tidak menyerah dan menonjolkan sikap setia serta rendah hati dalam setiap perjuangan. 3) keterlibatan yang jujur menekankan sikap jujur dalam tindakan yang tampak dalam sikap dan perkataan yang jujur sesuai dengan kenyataan. 4) keinginan tidak sesuai kenyataan menunjukkan sikap siap sedia, ikhlas dan tanggung jawab.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sebo, F. and Esron Nursi, A. (2024) “Aktualisasi Cinta dalam Novel di Tepi Sungai Piedra Aku Dudukdan Menangis Karya Paulo Coelho Menurut Psikologi Erich Fromm”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(5), pp. 1623-1635. doi: 10.38035/rrj.v6i5.989.

References

Coelho, Paulo. Di Tepi Sungai Piedra Aku Duduk dan Menangis.Terj. Rosi L. Simamora. Jakarta: Gramedia, 2017.
Fananie, Zainuddin. Telaah sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2002.
Fromm, Erich.The Art Of Loving: Memaknai Hakikat Cinta.Terj. Andri Kristiawan. Jakarta: Gramedia, 2020.
Y.B Mangunwijaya.Sastra dan Religiusitas. Yogyakarta: Kanisius, 1988.
Wicoyo, Joko. “Konsep Manusia Menurut Erich Fromm, Studi Tentang Aktualisasi Perilaku”.Jurnal Filsafat, 1:1, Agustus 1994.