Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Pariaman

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nofrianto Putra
Donny Fernandez

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif siswa kelas X jurusan teknik bisnis sepeda motor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pariaman. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan teknik bisnis sepeda motor dengan jumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes disetiap akhir siklus dan non-tes yang didapat dari lembaran hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada setiap siklus menggunakan metode pembelajaran  contextual teaching and learning pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan secara klasikal  sebesar 68,96% dengan nilai rata-rata 69,79, pada siklus II pesentase ketuntasan sebesar 82,75% dengan nilai rata-rata 76,68, dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 86,20% dengan nilai rata-rata 80,27. Tindakan yang diberikan pada setiap siklus berupa memperlihatkan contoh gambar, melakukan diskusi kelompok, memberikan contoh video sebelum melakukan kegiatan pratikum dan menjelaskan contoh penerapan materi pada bengkel otomotif atau pada lingkungan sekitar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, N. and Fernandez, D. (2019) “Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Siswa Kelas X Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Pariaman”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 663 - 669. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/108 (Accessed: 20April2024).