HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA BAGI SISWA KELAS XII KOMPETENSI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M Ilham Sanusi
Donny Fernandez

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Kurang maksimalnya kemampuan siswa dalam melaksanakan pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan praktik kerja industri (PRAKERIN) terhadap kesiapan memasuki dunia kerja bagi siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Bukittinggi sebanyak 31 orang siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling. Sampel dalam penelitian adalah 31 orang siswa kelas XII di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Data di input dengan menggunakan Microsoft Exel 2017 dan dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 24. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel (0.776 > 0,355) dan untuk uji keberartian korelasi  didapat t hitung> t tabel (6.622 > 1,696) pada taraf signifikan 5%. Maka dapat dikatakan bahwa praktik kerja industri mempunyai hubungan signifikan terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Bukittinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sanusi, M. I. and Fernandez, D. (2019) “HUBUNGAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) TERHADAP KESIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA BAGI SISWA KELAS XII KOMPETENSI KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 603 - 612. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/99 (Accessed: 25April2024).