Hubungan Praktek Kerja Industri Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Wiraswasta

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Dwi Intan Dola Irya
Efrizon

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara praktek kerja industri dan prestasi belajar kewirausahaan secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan minat wiraswasta siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK N 8 Padang. Data dikumpulkan menggunakan dokumentasi dan kuesioner/angket. Hipotesis uji menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa praktek kerja industri dan prestasi belajar kewirausahaan berhubungan positif dan signifikan dengan minat wiraswasta dengan koefisien korelasi berturut-turut  = 0,392, dan  0,330. Lebih jauh, praktek kerja industri dan prestasi belajar kewirausahaan secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan minat wiraswasta dengan koefisien = 0,435.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Intan Dola Irya, D. and Efrizon (2020) “Hubungan Praktek Kerja Industri Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Minat Wiraswasta”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 176-183. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/254 (Accessed: 18April2024).

References

Darmina Pratiwi Barus, “Menumbuhkan karakter Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” pp. 212–220, 2017.
Moh. Zaiful Rosyid, Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara, 2019.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).” Alfabeta, Bandung, p. 120, 2017.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenamedia Group, 2015.
Y. Suhartini, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwiraswasta (Studi Pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta),” Akmenika Upy, vol. 7, p. 39, 2011.