Sistem Tracking Rental Mobil Berbasis Mobile

Main Article Content

Dhicky Rufel
Efrizon

Abstract

Pada era teknologi yang canggih sekarang ini, masyarakat lebih banyak memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas. Salah satu teknologi tersebut adalah smartphone. Saat ini smartphone semakin berkembang sesuai perkembangan zaman, setiap aktvitas masyarakat didukung oleh smartphone, salah satu aktivitas tersebut adalah aktivitas pencarian lokasi. Kebanyakan masyarakat yang berada di sekitar Kota Padang jika berada diluar lokasi tempat tinggal, tidak tahu lokasi fasilitas umum bidang jasa yang terdekat. Ketika masyarakat membutuhkan sebuah jasa rental mobil, masyarakat butuh aplikasi yang tepat menyediakan informasi fasilitas umum bidang jasa yang cepat dan akurat. Dalam pencarian lokasi sekarang ini masyarakat memanfaatkan Google Maps sebagai aplikasi pencarian lokasi. Aplikasi Google Maps memang merupakan aplikasi sangat komplit, akan tetapi masih ada beberapa data pada Google Maps yang belum dilakukan update data atau pembaruan data. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi TRACKING RENTAL MOBIL yang berisi data pemetaan dan pencarian fasilitas umum bidang jasa yang lebih akurat dan lengkap serta selalu update sehingga masyarakat dapat melakukan pencarian lokasi yang tepat. Aplikasi TRACKING RENTAL MOBIL dibuat berbasis Android dengan IDE yaitu Android Studio 3.5. Data pada aplikasi ini disimpan pada database MySQL.  Aplikasi ini dapat dijalankan di smartphone Android versi minimum ice cream sandwich.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rufel, D. and Efrizon (2020) “Sistem Tracking Rental Mobil Berbasis Mobile”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 34-52. doi: 10.31933/rrj.v2i4.302.
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

References

S, Rosa A., dan Muhammad Shalahuddin (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. Fail, Harvard Business School Press, Boston, MA, 1998.
Naibaho, Jimmy Febrinus (2016). Pemetaan Informasi Sarana Kesehatan Masyarakat Serta Penyajian Rute Terdekat Menuju Lokasi Sarana Pelayanan Kesehatan Pada Wilayah Kota Berbasis Online, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika , 181-187.
Maharani, Septya., Dina Apriani., Awang Harsa Kridalaksana (2017). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Masjid Di Samarinda Berbasis Web, Jurnal Informatika, 11(1), 9-20.
Susanto, Arief., Ahmad Kharis., Tutik Khotimah (2016). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lahan Pertanian Dan Komoditi Hasil Panen Kabupaten Kudus, Jurnal Informatika, 10(2), 233-1243.
“Websindo,” 2019. [Online]. Available: https://websindo.com/indonesia-digital-2019-tinjauan-umum/. [Diakses 23 September 2019].