Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Big Book Pada Anak Tunarungu di Kelas II SLB N 1 KUBUNG

Main Article Content

Efni Suryani Fitri
Fatmawati

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membuktikan bahwa Kemampuan Mengenal, Menyebutkan dan menunjukkan  Huruf Vokal dapat meningkat melalui media Big Book pada anak Tunarungu di Kelas II SLB N 1 KUBUNG. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Single Subject Research. Penelitian menggunakan Disain A-B-A, yang mana pada tahap akhir akan di berikan evaluasi kepada anak. Hasil dari penelitian ini adalah pada kondisi Baseline (A1) dilakukan sebanyak empat kali, dapat dilihat kemampuan Mengenal, Menyebutkan dan menunjukkan Huruf Vokal siswa mendapatkan persentase 13% pada awal pertemuan dan dipertemuan keempat persentasenya 20%. Pada kondisi Intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak 8 kali, pada pengamatan kelima anak memperoleh persentase sebanyak 44%, keenam 51%, ketujuh 55%, kedelapan 60%, kesembilan 67%, kesepuluh  70%, kesebelas 73%, dan keduabelas persentase yang didapatkan 85%, maka intervensi diberhentikan pada sesi 12 dan sudah menunjukkan kestabilan data. Pada kondisi Baseline (A2) setelah diberikan perlakuan kemampuan anak dapat dipertahankan (stabil) pada pengamatan keempat yaitu dengan persentase 91%. Hal ini menunjukkan bahwa Kemampuan Mengenal, Menyebutkan dan menunjukkan  Huruf Vokal dapat meningkat melaui media Big Book pada anak Tunarungu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suryani Fitri, E. and Fatmawati (2020) “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Big Book Pada Anak Tunarungu di Kelas II SLB N 1 KUBUNG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 58-67. doi: 10.31933/rrj.v2i4.304.
Section
Education

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Books, W. B., & Guide, W. T. (n.d.). A Guide for Using Big Books in the Classroom, 1–6.
Colville-hall, S., & Connor, B. O. (n.d.). Using Big Books : A Standards-Based Instructional Approach for Foreign Language Teacher Candidates in a PreK – 12 Program, 39(3), 487–506.
Hasan, Y., Fatmawati, & Nurhastuti. (2018). Wirausaha Pembuatan Kue Kering untuk Meningkatkan Keterampilan Hidup Anak Tunarungu.
Irdamurni. (2018). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.
Karoma, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Aank Usia 3- 4 Tahun di Playgroup dan Taman Kanak- kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Ketegan Taman Sidoarjo. Skripsi

Most read articles by the same author(s)