Efektivitas Modul Reaksi Redoks Dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ismi Maulani
Ellizar

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan modul reaksi redoks  berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting yang valid dan praktis, namun belum diuji efektivitasnya. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 7 Padang dan SMAN 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas modul reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terdapat dua kelas yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan modul reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting sedangkan kelas kontrol belajar menggunakan bahan ajar yang disediakan sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest berjumlah 20 soal yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukarannya. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis (uji t), dan uji efektifitas (uji N-gain). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing-prompting efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Padang dan SMAN 1 Padang.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maulani, I. and Ellizar (2020) “Efektivitas Modul Reaksi Redoks Dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(4), pp. 74-79. Available at: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/306 (Accessed: 14June2024).

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran, rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Ellizar dan Djusmaini Djamas. 2012. Analisis Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN Kota Padang. Padang: UNP.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jalius, Elizar. 2012. Pengembangan Program Pembelajaran. Padang: UNP Press.
Kemendikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Magthwi, Dr Adel Ayed AL. 2015. “The Effectiveness Probing Questions Strategy in The Development of Thinking Skills in The Islamic Education Courses Using A Sample of Intermediate School Students in Riyadh”. Europian Scientific Journal. Vol. 2.
Muthmainnah, dkk. 2019. “Penerapan Strategi Probing Promting dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi dan Fungsi di SMP”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1. No. 1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018.